Syukuran HUT Polairud Ke-73, Kapolda NTB Pastikan Dit Polairud Siap Amankan Pemilu 2024

0
Kapolda NTB Irjen Pol Drs. R. Umar Faroq SH.,M.Hum bersama Wakapolda NTB Brigjen. Pol. Drs. Ruslan Aspan, S.I.K, Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Kobul S. Ritonga SIK dan segenap PJU Polda NTB menghadiri acara syukuran HUT ke-73 Polairud tahun 2023 di Ballroom Hotel Aruna Senggigi, Lombok, Jumat (1/12) kemarin. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB Irjen Pol Drs. R. Umar Faroq SH.,M.Hum., bersama Wakapolda NTB Brigjen. Pol. Drs. Ruslan Aspan, S.I.K. dan segenap PJU Polda NTB menghadiri acara syukuran HUT ke-73 Polairud tahun 2023. Syukuran diselenggarakan Direktorat Polairud Polda NTB di Ballroom Hotel Aruna Senggigi, Lombok, Jumat, 1 Desember 2023.

Acara dengan mengambil tema Polairud Presisi Siap Mengamankan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju tersebut berlangsung sederhana namun khidmat. Sykuran berlangsung penuh makna sebagai wujud kebahagiaan seluruh anggota Polairud khususnya Polairud Polda NTB dan segenap jajaran.

Polairud Polda NTB memberikan reward atas prestasi yang dicapai baik bagi Polairud itu sendiri maupun prestasi yang diraih isteri dan anaknya. Penghargaan diserahkan Kapolda NTB, Kapolda NTB Irjen Pol Drs. R. Umar Faroq SH.,M.Hum. (Suara NTB/ist)

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTB membacakan Amanat Kapolri Jenderal Pol. Listiyo Sigit Prabowo yang pada intinya bagaimana Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) menjadi seperti sekarang ini.
Kemudian dalam amanat itu pula Polairud diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk bangsa, negara dan masyarakat melalui peran dan tugasnya dalam memelihara ketertiban keamanan di wilayah perairan dan udara, termasuk di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Menghadapi Pemilu, lanjut Kapolda NTB meneruskan amanat Kapolri, bahwa keberadaan Polairud harus mampu menunjukan eksistensi dan keberadaannya baik bagi bangsa dan negara melalui kontribusi yang dilakukannya dalam mendukung pelaksanaan pesta demokrasi mendatang dengan memastikan semua sarana dan prasarana logistik Pemilu bisa sampai ke wilayah – wilayah perairan yang sulit dijangkau.

Begitu pula kontribusi kepada masyarakat pada saat Pemilu. Polairud harus bisa menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat di perairan saat pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.
Dalam sambutannya Kapolda NTB meminta komitmen seluruh anggota Polairud Polda NTB yang hadir dalam ruangan tersebut dengan menanyakan, Apakan Polairud Polda NTB siap turut serta mengamankan Pemilu 2024 di NTB ? Kami siap mengamankan Pemilu 2024 mendatang, jawab seluruh anggota dengan tegas dan lantang.
Teriakan ini tentu akan menjadi komitmen bagi Polairud Polda NTB dalam melakukan seluruh tugas pengamanan di seluruh perairan wilayah NTB selama proses Pemilu berlangsung.

Sementara itu, dalam wawancara singkat Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Kobul S. Ritonga SIK., usai acara syukuran berlangsung, ia menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut HUT Polairud ke-73 tahun 2023, Dit Polairud Polda NTB telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti bakti sosial, bakti kesehatan, penanaman mangrove, sampai kepada mencurahkan kebahagiaan kepada seluruh keluarga besar Polairud Polda NTB dengan memberikan reward atas prestasi yang dicapai baik bagi Polairud itu sendiri maupun prestasi yang diraih isteri dan anaknya.

Di samping itu untuk menunjukkan rasa hormat kepada pendahulunya, Dit Polairud Polda NTB melakukan anjangsana ke kediaman seluruh Purnawirawan Polairud, serta melakukan tabur bunga di perairan sebagai wujud penghormatan kepada anggota Polairud Polda NTB yang gugur dalam menjalankan tugas di perairan.

Reward berupa piagam penghargaan dan hadiah yang kami berikan merupakan bentuk nyata kebahagiaan yang kami limpahkan kepada seluruh anggota Polairud yang berprestasi termasuk kepada isteri dan anak-anaknya. Banyak anak-anak dari anggota kami yang berprestasi baik dalam pendidikan umum maupun pendidikan agama semuanya kami berikan reward,pungkas Kobul sapaan akrab Dir Polairud Polda NTB.

Hadir pada acara tersebut selain Kapolda NTB dan Wakapolda NTB adalah utusan dari Danrem 162/WB, kemudian Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kepala OPD Provinsi NTB dan Kota Mataram, segenap PJU Polda NTB, Kapolres/Kapolresta Se Pulau Lombok, serta segenap perwira dan Kasat Polairud Polres/Kapolresta jajaran Polda NTB. (*)