Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan Mobil Perdana, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

0
Mobil porsche yang akan mengikuti ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia sudah tiba di Sirkuit Mandalika pekan ini. Ajang balap mobil ini sendiri direncana digelar pada 8-10 Desember 2023 mendatang.

Praya (Suara NTB) – Untuk pertama kalinya, Pertamina Mandalika International Circuit bakal menggelar ajang balapan mobil pada tahun ini. Setelah sebelumnya sukses menggelar sejumlah ajang balap roda dua, termasuk MotoGP. Ajang bernama Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 tersebut bakal diikuti 10 mobil Porsche 911 GT3 Cup. Berlangsung selama tiga hari mulai tangga; 8 sampai 10 Desember 2023 mendatang.

Saat ini semua mobil yang akan ikut balapan sudah berada di paddock sirkuit internasional Mandalika,terang Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Priandhi Satria, dalam keteranganya, Jumat, 1 Desember 2023.

Kehadiaran mobil tersebut menjadi simbol keistimewaan dan prestise dalam dunia balap. Porsche Sprint Challenge Indonesia juga menjadi landasan bagi pengembangan bakat-bakat muda di dunia balap Indonesia. Melalui program pelatihan dan pengembangan yang terintegrasi serta platform yang memadai. Sehingga dari ajang tersebut diharapkan dapat melahirkan pembalap-pembalap handal nasional. Yang tidak hanya dapat bersaing di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

Porsche Sprint Challenge Indonesia sendiri dilisensikan dan dioperasikan oleh Supersport Motorsport, perusahaan motor sport yang berbasis di kawasan The Mandalika. Dengan dukungan penuh dari Porsche Indonesia. Event tersebut pun telah mendapatkan homologasi untuk menggelar ajang balap roda empat berkat dukungan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat dan NTB.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menambahkan, ajang tersebut diharapkan bisa menjadi starting point untuk mengembangkan event and atraction di kawasan The Mandalika untuk ajang balap roda empat. Sehingga bisa menjadi katalis dari pengembangan sebuah destinasi yang terus terjaga kedepannya.

Ajang ini merupakan salah satu upaya kami sebagai traffic puller agar pariwisata di kawasan The Mandalika bisa terus berkembang,tandasnya. Ia pun mengaku optimis dengan semakin banyaknya event yang dilaksanakan di kawasan The Mandalika, tentu juga akan semakin menambah nilai jual kawasan ini di mata calon investor dan juga wisatawan.

Balapan Porsche Sprint Challenge Indonesia sendiri akan digelar sebanyak tiga kali di sirkuit internasional Mandalika. Dengan seri pertama akan berlangsung pada 8-10 Desember 2023. Adapun seri kedua dan ketiga akan berlangsung pada 12-14 Januari 2024 dan 26-28 Januari 2024. Di mana nantinya balapan dibagi dalam dua sesi. Sesi Sprint Race dengan durasi 30 menit serta Endurance Race selama 45 menit.

Ajang tersebut sendiri gratis. Jadi masyarakat bisa menonton langsung melalui tribun Grandstand A sirkuit internasional Mandalika. Tapi kalau masyarakat mau mengakses area paddock tempat mobil dipersiapkan selama tiga hari, masyarakat bisa membeli tiket dengan harga mulai dari Rp300.000. Dengan begitu masyarakat bisa mendapat pengalaman eksklusif mengunjung langsung area paddock serta berinteraksi dengan para pembalap.

Kita berharap balapan kedepanya bisa menjadi mercusuar perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Untuk bisa masuk ke jajaran elite otomotif dunia. Sekaligus bisa menjadi ajang sport tourism yang bisa membawa nilai ekonomi bagi Indonesia. Khususnya lagi daerah ini, tambah General Manager Porsche Indonesia, Alexander Riedel. (kir)