Sempat Lumpuh Total, Jalur Lintas Bima-Sumbawa di Sondosia Mulai Normal

0
Jalan darurat yang dibuat kembali di jembatan Sondosia usai ambles diterjang banjir yang mengakibatkan lumpuh total selama 3 hari, Kamis, 30 November 2023.(Suara NTB/Ist)

Bima (Suara NTB) – Sempat lumpuh total selama 3 hari, jalur lintas Bima-Sumbawa tepatnya di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima pelan-pelan mulai normal. Bahkan akses jalan nasional ini, sekarang sudah bisa dilewati semua kendaraan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Drs. Isyrah mengatakan, normalnya akses transportasi di jalur Sondosia menyusul pembuatan kembali jalan darurat yang sebelumnya ambles akibat diterjang banjir.

“Jalan darurat di jembatan Sondosia sudah bisa di lewati semua kendaraan, sejak Rabu, 29 November 2023 sekira pukul 19.00 wita,” kata Isyrah kepada Suara NTB, Kamis, 30 November 2023.

Lebih lanjut, Ia mengaku pembuatan jembatan darurat dengan cara melakukan penimbunan tanah pada ruas jalan itu sifatnya sementara. Jika terjadi banjir, tidak menutup kemungkinan bakal tergerus lagi.

“Ruas jalan sementara ditimbun tanah. Sembari menunggu penyelesaian jembatan induk yang saat ini tengah dikerjakan,” katanya.

Sesuai informasi yang diketahuinya, proses pengerjaan jembatan induk Sondosia dalam tahap perampungan. Bahkan rencanannya, tahap pengecoran akan diselesaikan dalam waktu dekat.

“Kita harapkan pembangunan jembatan induk Sondosia ini secepatnya selesai dan tidak ada banjir yang membuat tergerusnya jalan,” harapnya.

Terpisah, pihak Balai Pelaksanaan Jalan Negara (PJN) Provinsi NTB di wilayah Kabupaten Bima, Akbar, mengakui jalan lintas Bima-Sumbawa tepatnya di jalur Sondosia, sudah bisa dilewati kendaraan. Mengingat jalan darurat sudah dibuat untuk akses transportasi sementara.

“Sudah fungsional sejak Rabu malam. Semua kendaraan sudah bisa lewat,” katanya via pesan WhatsApp.

Terkait dengan penyelesaian pengerjaan jembatan induk atau permanen, Akbar yang diketahui PPK Penggantian Jembatan Sondosia ini mengaku pihaknya akan mengupayakan secepatnya. Sementara kendala lapangan yang dihadapi yakni banjir dari hulu.

“Penyelesaian pembangunan jembatan induk Sondosia akan kita upayakan secepatnya,” pungkasnya. (uki)