Gaji Pegawai Honorer Kota Mataram Naik

0
H. Mohan Roliskana. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Penantian panjang pegawai honorer di Lingkup Pemerintah Kota Mataram akhirnya tercapai. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Mataram telah mengalokasikan kenaikan gaji pegawai non aparatur sipil negara pada anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2024. Kebijakan ini dipastikan tidak mengganggu kondisi fiskal daerah.

Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana mengatakan kenaikan gaji pegawai honorer telah direncanakan sejak tahun 2023, karena sejak tahun 2016 pegawai non aparatur sipil negara di lingkup Pemerintah Kota Mataram belum ada penyesuaian upah. Meskipun kenaikan upah ini belum sebanding dengan upah minimum kota, tetapi pegawai honorer bisa tercukupi kebutuhannya. “Setidak-tidaknya bisa mencukupi kebutuhanlah walaupun cukup atau tidak cukupnya sangat relatif dari kebutuhan,” kata Walikota dikonfirmasi, Kamis, 30 November 2023.

Kenaikan gaji pegawai honorer dari sebelumnya Rp1.350.000 menjadi Rp1.500.000. Kenaikan gaji diharapkan tenaga honorer ini lebih sejahtera sehingga mereka memiliki komitmen terhadap kinerja dan bertanggungjawab pada pekerjanya. “Insya Allah, mulai tahun 2024 mulai dinaikkan gaji tenaga honorer ini,” sebutnya.

Dipastikan kemampuan fiskal daerah masih mencukupi untuk kenaikan gaji tenaga honorer. Walikota menegaskan, sebenarnya upah diterima pegawai non ASN ini bisa lebih besar dibandingkan dengan upah yang telah dialokasikan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024. Tetapi ini tidak bisa dilaksanakan karena memang ada program skala prioritas yang menjadi catatan serta rekomendasi-rekomendasi DPRD yang harus diatensi. “Secara bertahap Insya Allah kita akan menyesuaikan,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri mengatakan, TAPD Kota Mataram telah menghitung kebutuhan anggaran untuk kenaikan gaji pegawai honorer tersebut. Dari hasil perhitungan itu anggaran daerah masih mampu mengakomodir kenaikan gaji tenaga honorer. “Insya Allah, APBD kita masih mampu kok,” jawabnya singkat. (cem)