Peringati Hari Korpri, Dikes dan Dinas Pertanian Juara Inovasi

0
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, bersama Kepala Kejari Dompu usai menerima piagam penghargaan pada upacara Peringatan HUT Korpri dan Hari Guru, Rabu, 29 November 2023.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Upacara peringatan hari guru dan Hari Korpri tingkat Kabupaten Dompu tahun 2023 di Kabupaten Dompu dipimpin wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT. Momen ini pun dimanfaatkan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang banyak memiliki inovasi. Ada kategori inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu dengan 8 inovasi didaulat sebagai OPD terbaik pertama untuk kategori inovasi pelayanan publik. Diikuti dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan 4 inovasinya, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga dengan 3 inovasi, Dinas Sosial dengan 1 inovasi, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dengan 1 inovasi.

Selain kategori pelayanan publik, penghargaan juga diberikan kepada OPD kategori inovasi lainnya. Pada kategori ini, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten  Dompu didaulat untuk terbaik pertama dengan 5 inovasinya. Diikuti Inspektorat dengan 4 inovasinya, BPBD dengan 1 inovasinya, Dinas Koperasi dan UKM dengan 1 inovasinya, dan BPKAD dengan 1 inovasinya.

“Penghargaan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap inovasi – inovasi yang telah dilaksanakan di masing – masing OPD dalam mempermudah pelayanan publik, maupun untuk mempermudah tugas di instansinya,” kata Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT kepada wartawan, Rabu, 29 November 2023.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP, MM di tempat terpisah mengatakan, salah satu inovasi yang dilakukan pihaknya dengan mengoptimalkan media sosial untuk mengedukasi petani dalam bertani dengan baik. “Semua platform media sosial, mulai dari facebook, Instagram hingga kanal YouTube, kita punya. Media-media inilah yang kami gunakan,” katanya.

Tidak hanya mengikuti tren, sosialisasi dan pendampingan petani melalui media sosial, terutama facebook dan Youtube, juga berdampak pada peningkatan pengetahuan petani. Salah satu yang menonjol yaitu Dompu mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi NTB sebagai daerah dengan produksi jagung tertinggi di NTB. (ula)