Dukung Kelancaran Pemilu di NTB, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

0
Sekretaris KPU NTB, Asep Suhlan saat memimpin rakor kesiapan pelaksanaan pemilu 2024.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2024 di Provinsi NTB. PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, terus mengintensifkan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Provinsi NTB.

KPU Provinsi NTB melalui Kepala Bagian Umum, I Gede Suantara, mengaku, menyampaikan terima kasih atas sinergi dan penjelasan yang telah disampaikan oleh pihak PLN. Ia menyebut kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan keandalan pasokan listrik tetap terjaga selama proses pemilihan umum.

“Kami ucapkan terima kasih kepada manajemen PLN atas koordinasinya, semoga sinergi ini dapat terus terjaga dan PLN mampu memberikan layanan kelistrikan yang andal untuk kelancaran pelaksanaan pemilu kita di NTB,” ungkap Gede pada Rabu, 29 November 2023.

Ia mengungkapkan bahwa perhelatan pemilihan umum ini akan menjadi satu momen penting dalam sejarah demokrasi. Momen tersebut tentu saja harus didukung dengan sistem layanan kelistrikan yang andal sehingga pemilu dapat berjalan lancar.

“Kantor KPU menjadi salah satu sorotan penting dalam pemilihan umum yang digelar di 2024, dukungan dari PLN tentang kelistrikan sangat berarti bagi kami, terima kasih kepada PLN telah memberikan penjelasan kepada kami,” ungkapnya.

Diketahui pihak manajemen PLN UP3 Mataram melakukan kunjungan ke sejumlah kantor KPU dan kantor Bawaslu yang ada di Pulau Lombok antara lain Kantor KPU Provinsi NTB, Kantor KPU Kota Mataram, KPU Lombok Utara, Bawaslu Lombok Utara, Bawaslu Lombok Barat, KPU Lombok Barat, Bawaslu Lombok Tengah, KPU Lombok Tengah, KPU Lombok Timur dan Bawaslu Lombok Timur.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo, mengatakan, bahwa peran kelistrikan sangat penting dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan diselenggarakan beberapa bulan mendatang. Sehingga pihaknya memperkuat koordinasi dengan pihak penyelenggara pemilu.

“Pemilihan umum adalah momen penting bagi demokrasi. Keterlibatan PLN dalam koordinasi ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk mendukung integritas dan kelancaran proses pemilihan,” kata Djarwo.

Djarwo juga mengungkapkan bahwa pihaknya siap mengawal pesta demokrasi dengan listrik yang andal. Hal ini mencakup evaluasi dan penguatan infrastruktur listrik di lokasi-lokasi pemungutan suara, kantor-kantor administrasi, dan pusat pengolahan data pemilihan. PLN NTB berkomitmen untuk menyediakan daya listrik yang memadai, sehingga proses pemilihan dapat berjalan lancar tanpa hambatan kelistrikan.

“Tujuan kami bersilaturahmi yaitu yang pertama dapat meningkatkan engagement antar stakeholder dengan pimpinan KPU Provinsi NTB. Kedua tentu saja menyampaikan kesiapan PLN dalam mendukung gelaran pemilu mendatang, dan yang ketiga untuk mendapatkan pandangan-pandangan dari titik-titik krusial mana saja yang akan mendapat perhatian utama bagi kami,” pungkasnya. (ndi)