Jembatan Darurat Ambles, Jalur Transportasi Lintas Sumbawa di Bima Lumpuh Total

0
Jembatan darurat di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima amblas yang membuat jalur Bima-Sumbawa lumpuh total sejak tiga hari terakhir.(Suara NTB/ist)

Bima (Suara NTB) – Jalur transportasi lintas Bima-Sumbawa tepatnya di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima lumpuh total dalam beberapa hari terakhir. Penyebabnya jembatan darurat yang dibangun ambles usai diterjang banjir.

Jembatan darurat tersebut merupakan akses penghubung sementara, mengingat jembatan utama belum bisa digunakan karena hingga kini masih dalam tahap pengerjaan pembangunan jembatan baru.
“Jalur di Sondosia lumpuh total sudah berjalan tiga hari. Kendaraan besar tdak bisa lewat karena jembatan darurat ambles diterjang banjir,” kata Camat Bolo, Hj. Arabiah kepada Suara NTB, Rabu, 29 November 2023.

Lebih lanjut Camat Bolo mengaku persoalan tersebut telah dilaporkan serta dikoordinasikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan harapan agar jembatan darurat segera dibangun kembali. “Sudah dilaporkan ke Dinas PUPR. Kita harapkan jembatan darurat kembali lagi dibangun,” katanya.

Ia mengaku, untuk saat ini jalur transportasi dialihkan ke jalan alternatif dari Dusun Sonco Desa Sanolo yang menghubungkan Desa Kara hingga keluar di Desa Rasabou Kecamatan Bolo. Itupun hanya kendaraan-kendaraan tertentu seperti sepeda motor, mobil pribadi hingga pick up.
“Sekarang lewat jalan alternatif, itupun dibatasi dan hanya dilewati motor, mobil pribadi dan pick up. Kalau kendaraan besar seperti truk, bus malam dan fuso tidak bisa lewat karena kondisi jalannya kecil dan sempit,” katanya.

Arabiah menambahkan, selain mengakibatkan kemacetan kendaraan yang sangat panjang, lumpuh totalnya jalur tersebut, juga menganggu aktivitas perekonomian masyarakat setempat.
“Kami harapkan jembatan yang dibangun segera dirampungkan secepatnya. Kalaupun tidak belum bisa, sebisa mungkin dibangun jembatan darurat,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Drs. Isyrah mengaku amblasnya jembatan darurat Sondosia sejak Senin, 27 November 2023 akibat diterjang banjir. “Banjir kiriman dari Madapangga juga menambah kerusakan jembatan darurat ini,” katanya singkat. (uki)