Diskusi Pj Gubernur Bersama Dirjen Keuangan Daerah dan ITDC, Padukan Gagasan Majukan Pariwisata di NTB

0
Pj Gubernur NTB, H.Lalu Gita Ariadi menerima penghargaan pada Malam Apresiasi Pertamina Mandalika Grand Prix Of Indonesia 2023 dalam rangka HUT ke-50 ITDC. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubermur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si menghadiri Forum Group Discusion (FGD) bersama Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan ITDC. Diskusi yang juga dihadiri para Bupati, Walikota dan Pj. Bupati se-NTB itu, intinya bertujuan memadukan ide dan gagasan untuk memajukan pariwisata di NTB.

Alhamdulillah acara ini bisa mempertemukan orang- orang penting baik dari Kementrian, ITDC dan para pemangku kebijakan di daerah yang akan berperan merealisasikan hasil dari diskusi yang akan memberikan multiflier efek jangka panjang untuk kemajuan pariwisata di NTB, ujar Gita dalam FGD yang berlangsung Selasa, 28 November 2023.

Pj. Gubernur berharap, dengan adanya penyelanggaraan event event nasional maupun internasional, nantinya benar-benar bisa terlaksana dengan baik, sebagaimana infrastruktur yang telah kita bangun bisa termanfaatkan sesuai yang diharapkan.

Dengan diskusi ini sambung Gita, dapat padukan sinergi, menjaga dan mempertahankan perhelatan tetap berjalan. Kemudian apa yang harus dibenahi kita perbaiki selanjutnya dirangkum. Menjadi kepentingan dan tanggung jawab bersama dalam mensukseskan pariwisata kita guna mendongkrak perputaran ekonomi yang semakin besar.

Gita meminta supaya pertemuan selanjutanya bisa menghadirkan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Supaya apa yang menjadi kekurangan dan perbaikan dapat dilengkapi dari Kemenparektraf, ujarnya.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Direktur Jendral Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Drs. H. Agus fatoni yang juga Penjabat Gubermur Sumatera Selatan. Menurutnya, karena Provinsi NTB merupakan Kawasan Ekonomi Khusus, jadi bukan lagi hanya tanggung jawab Kabupaten Loteng atau Provinsi NTB saja. Tetapi tanggung jawab negara Republik Indonesia, untuk mendukung bersama. Sehingga manfaat dari Mandalika NTB semakin maju dan luar biasa, ucapnya.

Di tempat yang sama Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ari Respati menyampaikan, diskusi ini sebagai upaya menyelaraskan negara kita indonesia menjadi negara terpandang.

Menyelaraskan tujuan untuk membentuk ekosistem pariwisata Indonesia ke panggung internasional, bukan hanya sumberdaya alam/keindahan alam tetapi bagaimana bersinergi dengan negara-negara maju di dunia.

Pada hari yang sama, ITDC menggelar Malam Apresiasi Pertamina Mandalika Grand Prix Of Indonesia 2023 dalam rangka HUT ke-50 ITDC. Acara berlangsung di VIP Deluxe Building Pertamina Mandalika International Circuit.

Pj Gubernur NTB pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sinergi dan kerja sama ITDC dalam membangun pariwisata di NTB, khususnya di KEK Mandalika. Berbagai event nasional hingga internasional sukses terselenggara dengan baik berkat buah kekompakan Pemerintah Daerah, ITDC, lembaga dan organisasi vertikal serta masyarakat.

Gita juga berharap sinergi dan kerja sama dengan ITDC akan semakin kompak guna memberikan dampak ekonomi serta dampak positif lainnya kepada masyarakat. Ke depannya, pemerintah dan ITDC serta masyarakat akan semakin siap menyambut event-event bertaraf nasional hingga internasional dan menjadikan Kawasan Mandalika sebagai Sport Center. Terlebih lagi NTB bersama NTT akan menjadi tuan rumah PON 2028 mendatang.(r)