Masyarakat Adat “Paer Timuk” Dukung Busfi Arusagara jadi Anggota DPR-RI

0

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat adat Paer Timuk, Lombok Timur mendukung Busfi Arusagara, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR-RI menjadi wakil bagi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat di Senayan pada momentum politik tahun 2023-2024 ini.
Busfi Arusagara adalah salah satu Caleg DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Pulau Lombok, di nomor urut 4 Partai Golongan Karya (Golkar). Busfi adalah putra pertama dari H. Agus Mulyadi, Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) / Kontraktor Provinsi NTB. Mantan aktivis kampus lulusan Universitas Trisakti.

Sabtu , 25 November 2023, Busfi Arusagara bersama keluarga besar melakukan pertemuan silaturrahmi dengan para perwakilan tokoh masyarakat adat Paer Timuk Lombok Timur. Hadir masing-masing perwakilan wilayah dari bagian Utara Lombok Timur, hingga bagian Timur Lombok Timur.
Pertemuan puluhan tokoh masyarakat adat ini dilaksanakan di Padamara Dasan Malang, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur. Dalam kesempatan ini, Busfi Arusagara memaparkan keinginannya mencalonkan diri pada Pileg 2023-2024 ini.

Sebagaimana disampaikan Busfi, Lombok atau Suku Sasak secar khusus, adalah suku besar yang harus dibangun posisi tawarnya lebih kuat di kancah nasional, bahkan internasional. SDM-SDM dari Suku Sasak ini menurutnya tidak kalah dengan SDM dari suku-suku lainnya. Hal inilah yang kemudian diangkat menjadi menjadi visi misi besarnya Busfi, dan meyakinkan dirinya maju sebagai Caleg DPR-RI.

“Suku-suku yang lain, atau lihat saja suku tetangga kita, dari daerah sampai mereka di pusat, mereka saling rangkul dan saling membangun dan saling menguatkan. Begitupun kita, Suku kita Sasak juga harus memiliki lebih banyak figur keterwakilan di legislative di pusat yang bisa memperkuat posisi tawar Sasak. Karena itulah, saya merasa terpanggil agar lebih banyak lagi wakil-wakil Lombok di pusat,” kata lelaki 28 tahun ini.

Karena itu, jika masyarakat di Lombok mendukungnya menjadi perwakilan Sasak di pusat, harapannya, ia bisa menjadi nakhoda baru, atau menjadi rumah besar bagi masyarakat Sasak siapapun saat di pusat.
“Semakin banyak wakil kita, atau secara pribadi kalau saya dipercaya mewakili, ada rumah yang bisa didatangi oleh siapapun masyarakat Sasak di Jakarta. Dari rumah besar ini nanti kita saling membangun, saling menguatkan. Karena potensi orang-orang Sasak ini cukup besar dalam banyak hal. Itu bisa kita kembangkan kompetensi bersama nantinya,” demikian Busfi.

Diketahui, Busfi Arusagara adalah kontraktor muda yang tengah berkembang di ibukota. Pemikirannya visioner dan sangat mengharapkan sebanyak-banyaknya SDM dari Suku Sasak bisa tampil di kancah nasional, dan internasional kedepannya.
Visi misi besar Busfi Arusagara ini mendapat respon sangat positif dari para tokoh masyarakat adat Paer Timuk. Masyarakat adat ini menyatakan mendukung Busfi mewakili masyarakat Sasak di Senayan.

“Jangan kita pilih, kalau kita pilih, selesai pemilihan hilang. Tapi kita piak (dudukkan/menangkan) beliau ini di DPR-RI. Kalau sudah kita dudukkan, otomatis kita kapan saja membutuhkannya, dia hadir. Karena dia orang kita,” ujar Lalu Suherman, Wakil Ketua Masyarakat Adat Paer Timuk, Lombok Timur.
Selanjutnya, masyarakat adat ini akan bergerak bersama mengumpulkan suara untuk memenangkan Busfi Arusagara.(bul)