Makanan Khas Lombok Paling Laku di NTB Mall Malaysia

0

Mataram (Suara NTB) – NTB Mall belum lama ini ekspansi ke luar negeri dengan membuka gerai ke Malaysia. Setidaknya ada 150 jenis produk lokal NTB dipasarkan di sana, dari produk fashion, kecantikan hingga makanan. Dilihat dari perkembangan penjualan NTB Mall Cabang Malaysia saat ini, produk kuliner khas Lombok paling banyak diminati.

“Makanan khas kita yang paling banyak diminati, seperti Sate Rembiga, Ayam Taliwang, snack-snack itu yang laris. Kuliner cukup bagus untuk pasarnya disana,” ungkap Supervisor Marketing NTB Mall, Devi Yunitami Rahman, Selasa, 28 November 2023. Sementara produk lainnya, seperti fashion dan kosmetik serta produk kerajinan lain, terbilang penjualannya belum seprogresif kuliner.

“Lain halnya dengan NTB Mall di Wisma NTB di jalan Garut, Menteng Jakarta. Produk fashion justru lebih banyak  diminati seperti tenun, songket dan lainnya dibandingkan dengan produk makanan. Mungkin karena banyak OPD-OPD ke sana beli tenun,”  tambah Devi. Produk-produk NTB yang hadir di NTB Mall Malaysia adalah wadah promosi dan pemasaran produk NTB di luar negeri. Sekaligus, kata Devi, membuka peluang besar untuk peningkatan ekspor produk non tambang NTB.

“Secara umum adalah upaya meningkatkan penjualan produk-produk lokal NTB dan mendorong peningkatan promosi dan ekspor produk-produk UMKM NTB,” tambahnya. Secara umum, penjualan produk UMKM di NTB Mall tetap on the track. Meskipun, Direktur NTB Mall, Indah Purwanti telah mengundurkan diri, per 1 November 2023 ini.

Devi mengatakan, sesuai rencana dan program-program bisnis NTB Mall yang sudah disusun masih tetap dilaksanakan. Salah satu program misalnya, pada 11 September 2023 (11/11/2023), NTB Mall menghadirkan promo harga produk Rp11.000. Pada Desember 2023 ini, NTB Mall berencana lagi untuk menghadirkan promo 12/12 (tanggal 12 bulan 12 tahun 2023).

“Rencana promonya untuk akhir tahun itu seperti paket bundling, kerjasama dengan perbankan untuk untuk potongan harga, salah satu kerjasama misalnya dengan Bank NTB Syariah. Program-program yang sudah disusun mbak Indah (Indah Purwanti) masih tetap dijalankan. Dan NTB tetap on the track,” demikian Devi. (bul)