Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Picu Banjir dan Pohon Tumbang di Kota Bima

0
Pohon tumbang di Kota Bima usai hujan deras disertai angin kencang, Selasa, 28 November 2023.(Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Hujan lebat yang disertai dengan angin kencang melanda wilayah Kota Bima pada Selasa, 28 November 2023. Hal tersebut menyebabkan atau memicu terjadinya banjir hingga pohon tumbang.

Berdasarkan pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima, tercatat ada 8 Kepala keluarga (KK) atau 23 jiwa di Kelurahan Na’e Kecamatan Rasanae Barat yang terkena dampak banjir.

Sementara angin kencang mengakibatkan terbangnya atap rumah milik Suratman H. Dahlan, warga Kelurahan Ule Kecamatan Asakota dan atap rumah Hj. Fatimah, warga Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba.

Selain itu, pohon tumbang terjadi pada beberapa titik seperti di Kelurahan Penanae, Kelurahan Penatoi, Kelurahan Mande, Kelurahan Manggemaci, Kelurahan Rite dan Kelurahan Penaraga. Termasuk di kantor Walikota Bima.

“Data bencana ini sesuai laporan dari warga dan hasil kajian Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Bima,” kata Kepala BPBD Kota Bima, Gufran S.Pd M.Si.

Lebih lanjut Gufran mengatakan bencana tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang melanda seluruh wilayah Kota Bima sejak pukul 11.50 wita sampai dengan pukul 14.00 wita. “Hujan ini juga yang mengakibatkan meluapnya air di Kelurahan Na’e,” ujarnya.

Ia mengaku BPBD Kota Bima telah melakukan assessment dan kaji cepat. Termasuk juga memantau perkembangan informasi di lapangan melalui grup WhatsApp siaga bencana Kota Bima dan media sosial. “Kita juga telah menyampaikan laporan kejadian bencana di Kota Bima ke BPBD Provinsi NTB serta berkoordinasi OPD teknis terkait,” pungkasnya. (uki)