BKD Berperan Ciptakan Pemilu Damai 2024

0
Satgas OMB Rinjani Polres Loteng menggelar patroli dialogis menyambangi BKD Desa Selebung, Selasa kemarin. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Keberadaan Badan Keamanan Desa (BKD) dinilai cukup besar perannya dalam upaya mendukung terciptanya stabilitas keamanan dan kondusitifas mayarakarakat di daerah ini. Utamanya jelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Untuk itu, kemitraan antara polisi dengan BKD perlu terus diperkuat.

Guna mencapai tujuan tersebut, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata (OMB) Rinjani 2023-2024 Polres Loteng menggelar patroli dialogis. Dengan menyambangi para BKD yang ada di daerah ini. Di mulai dengan menyambangi BKD Desa Selebung Kecamatan Batukliang, Selasa, 28 November 2023. Dipimpin Kasat Binmas AKP Muhdar beserta anggota satgas lainnya.

“Melalui kegiatan ini kita ingin membangun sinergi yang baik dengan para BKD. Dengan sinergi tersebut bisa menciptakan pemilu damai,” terang Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat SIK, melalui Kasi Humas Iptu Hariono.

Ia menegaskan, patroli dialogis tersebut murni dilakukan dengan bertujuan untuk mendekatkan polri dengan masyarakat. Dalam hal ini BKD selaku mitra kamtibmas yang nantinya juga bisa membantu dalam pengamanan pemilu 2024 mendatang. Selain mendukung stabilitas kamtibmas secara umum yang memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab BKD.

BKD nantinya akan menjadi bagian penting kepolisian tahap pemungutan surat suara. Tidak hanya BKD juga bisa turut serta mengamankan logistik pemilu serta kegiatan-kegiatan lainnya. Sehingga penting untuk para BKD mendapat pengetahuan tentang kepemiluan serta teori-teori serta langkah pengamanan yang perlu dilakukan.

“Selain kita bersilaturahmi, kita juga memberikan ilmu kepada BKD, bagaimana langkah – langkah dalam pengamanan. Dengan begitu saat pelaksanaan pengamanan nantinya BKD bisa menjalankan tugasnya dengan optimal,” terang Hariono.

Tidak kalah penting, karena pemilu merupakan pesta demokrasi masyarakat maka sudah sepatutnya semua elemen masyarakat turut terlibat. Dalam mendukung jalannya pemilu. Supaya bisa berlangsung dan lancar. Sebagai cermin moralitas bangsa yang telah dewasa dalam berdemokrasi. (kir)