Sasar Tempat Hiburan, BNNP Temukan Tiga Orang Positif Narkotika

0
Nampak pengunjung salah satu tempat hiburan malam saat dilakukan tes urine . (SuaraNTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dua pengunjung dan seorang pemandu lagu terjaring operasi Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB di sejumlah tempat hiburan malam di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Minggu, 26 November 2023.

“Mereka kita amankan karena berdasarkan hasil tes urine yang kita lakukan ketiga orang tersebut positif narkotika,” kata Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNP NTB Kombes Pol Chepy Ahmad Hidayat, kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin, 27 November 2023.

Terhadap mereka lanjut Chepy, pihaknya hanya melakukan rehabilitasi saja karena tidak ditemukan adanya barang bukti saat dilakukan operasi. Proses rehabilitasi pun dilakukan di dua tempat yakni Lombok dan Sumbawa.

“Dua orang kita rehabilitasi disini (BNNP), satu orang lainnya di BNN Kabupaten Sumbawa sesuai dengan domisili yang tertera di identitas diri,” sebutnya.

Ditanya lebih lanjut terkait identitas orang yang diamankan tersebut, Chepy mengaku tidak bisa memberikannya karena itu privacy. Sementara terkait dengan berapa lama mereka menggunakan narkotika, pihaknya masih menunggu hasil dari dokter.

“Kalau soal berapa lama mereka menggunakan barang itu, nanti akan disampaikan lebih lanjut oleh dokter karena mereka ahlinya,” ucap mantan Kepala BNN Sumbawa Barat itu.

Operasi Bersinar tersebut dilaksanakan BNNP untuk menekan angka penyalahgunaan Narkotika jelang Natal dan tahun baru (Nataru) tahun 2023. Dimana dari 109 orang yang dilakukan skrining (tes urine) pihaknya berhasil menemukan 3 orang positif narkotika.

“Ada 3 titik lokasi cafe/karaoke yang ada di Senggigi dengan hasil skrining sebanyak 109 orang. Yakni di Capo cafe 44 orang hasilnya nihil, 16 orang di D’ Paragon satu orang positif dan Metro Polis 49 orang dua diantaranya positif,” tukasnya. (ils)