Polisi dan KPU Loteng Kampanyekan Pemilu LUBeR

0
Polisi dan KPU Loteng sosialisasikan Pemilu LUBeR kepada 10 basis pemilih di 12 kecamatan di Loteng, Sabtu, 25 November 2023. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Loteng, mengelar aksi pendidikan dan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) yang LUBer (Langsung Umum Bebas Rahasia) secara serentak di seluruh wilayah Loteng, Sabtu, 25 November 2023. Dengan sasaran 10 basis pemilih. Kegiatan dilaksanakan di masing-masing kantor camat di 12 kecamatan di Loteng.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan pemahamanan yang baik tentang prinsip-prinsip pemilu yang LUBeR sekaligus bisa mendorong partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang. “Kaitanya dengan keamanan, dengan bekal pengetahuan tersebut masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam menjaga kondusivitas selama tahapan pemilu berlangsung,”terang Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat,SIK., melalui Kasi Humas Iptu Hariono, Sabtu sore.

Sasarannya semua elemen masyarakat yang terkait dengan kepemiluan, mulai dari elemen pemerintah, penyelenggara dan pengawas pemilu di tingkat bawah hingga tokoh pemuda, agama serta masyarakat dan ada  yang di Loteng. Dari elemen-elemen tersebut semangat pemilu yang LUBeR dan bebas intervensi serta tekanan pihak manapun bisa tumbuh.

Harapannya bisa membantu mewujudkan gelaran pemilu yang aman dan berintegritas. “Jadi prinsip pemilu yang LUBeR tanpa adanya intervensi dan tekanan dari pihak manapun pada  Pemilu tahun 2024 harus terwujud. Untuk itu, butuh peran aktif semua pihak,”tandas Hariono.

Ada pun terkait pelaksanaan tahapan kampanye Pemilu 2024 mulai 28 November 2024 besok, pihaknya mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat di daerah ini untuk bersama sama menjaga kondusivitas dengan tidak boleh menyebarkan berita hoaks atau berita bohong. Karena bisa berdampak kepada masyarakat luas.

Jika memang ada masyarakat yang mengetahui pelanggaran pemilu hendaknya segera melapor ke pengawas pemilu terdekat. Supaya bisa segera ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang ada. Karena bagaimanapun juga pemilu merupakan ajang pesta Demokrasi yang harus dijunjung tinggi secara bersama-sama. (kir)