Perbaikan Rumah Korban Angin Puting Beliung Diupayakan Masuk APBD 2024

0
Mukhtar Landa. (Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mengupayakan perbaikan rumah warga yang menjadi korban bencana angin puting beliung masuk dalam APBD murni tahun 2024 mendatang.

Diberitakan Suara NTB sebelumnya, pada awal bulan November kemarin, wilayah Kota Bima diterjang angin puting beliung, tercatat kurang lebih 94 unit rumah warga mengalami kerusakan ringan terutama pada bagian atap.

Rincian 94 unit rumah yang rusak tersebar di perumahan relokasi Kadole sebanyak 46 unit dan Oi Fo’o 46 unit. Selanjutnya di Kelurahan Oi Mbo dan Kumbe Kecamatan Rasanae Timur (Rastim) masing-masing 1 unit.

“Semua pembiayaan rumah korban bencana angin puting beliung, kita anggarkan pada APBD 2024,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar Landa, MH, Senin, 27 November 2023.

Ia mengaku selain mempersiapkan upaya untuk membantu pembiayaan sesuai kerusakan bagi rumah yang terdampak, Pemkot Bima juga telah menyalurkan bantuan tanggap darurat seperti selimut, terpal serta kebutuhan dasar lainnya yang dibutuhkan.

“Prinsip dan sejatinya Pemerintah akan selalu siap hadir di tengah duka masyarakat,” katanya.

Selain perbaikan rumah terdampak angin puting beliung, Sekda mengaku alokasi APBD Kota Bima tahun 2024 juga diarahkan untuk memperbaiki 2 unit rumah warga Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat yang menjadi korban kebakaran.

“2 unit rumah kebakaran di Kelurahan Pane pun sama, kita bantu pembiayaannya sesuai kerusakan,” katanya.

Terlepas dari itu, Ia berharap kepada masyarakat Kota Bima untuk senantiasa mengantisipasi dan menyiapkan diri dalam menghadapi peralihan musim kemarau ke hujan yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa.

“Kita sudah memasuki musim hujan, jadi perlu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” harapnya. (uki)