Pemprov NTB akan Kembali Terima ’’Innovative Government Awards’’ 2023

0
Lalu Suryadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB akan kembali menerima anugerah Innovative Government Awards (IGA) 2023 untuk yang ketiga kalinya dari Kementerian Dalam Negeri. Jika tak ada perubahan jadwal, anugerah tersebut akan diserahkan tanggal 30 November 2023.

Plt Kepala Badan Riset dan Inovasi (Brida) NTB Lalu Suryadi mengatakan, Provinsi NTB menghadirkan lompatan yang sangat tinggi di bidang inovasi ini. Sebab di tahun 2019 – 2020, Provinsi NTB masuk dalam daftar provinsi yang tidak inovatif dengan hanya mengantongi 3 poin.

Saat itu, NTB berada di urutan terbawah. Namun dengan adanya pembenahan secara total di aspek inovasi ini, dengan mulai menyusun regulasinya, mengumpulkan perangkat daerah terkait, gelar sosialisasi dan membentuk tim khusus inovasi daerah. Hasilnya yaitu di tahun 2021, NTB langsung melonjak ke peringkat ke urutan ke dua dari 34 provinsi.

“Kita nomor satu dari bawah dulu, kita urutan ke 34 provinsi yang tidak inovatif dengan 3 poin, sekarang kita menjadi salah satu yang tertinggi” kata Lalu Suryadi kepada Suara NTB, Senin, 27 November 2023.

Ia mengatakan, rencananya Pj Gubernur NTB, Drs H. Lalu Gita Ariadi, M.Si yang akan menghadiri acara penganugerahan ini. Terlebih beberapa waktu lalu Pj Gubernur lah yang mempresentasikan soal inovasi daerah ini di Kantor Kemendagri.

Terkait dengan inovasi ini, yang paling penting adalah Pemda proaktif. Saat muncul inivasi di perangkat daerah atau di masyarakat, maka harus segera dimasukkan di aplikasi indeks inovasi daerah. Sehingga inovasi tersebut masuk dalam database inovasi Kemendagri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pj Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi menghadiri kegiatan presentasi Kepala Daerah Nominator penerima penghargaan IGA Tahun 2023 pada klaster provinsi, kabupaten, kota, daerah tertinggal dan daerah perbatasan. Acara tersebut bertempat di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung A Lt.3 Kemendagri dan Ruang Multimedia Gedung B Lt. 2) Jakarta, pada Senin 25 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur memaparkan keunggulan NTB Mall dan 99 Desa Wisata sebagai inovasi unggulan Provinsi NTB. Provinsi NTB sendiri hingga tahun 2023 memiliki 134 inovasi, baik digital maupun non digital yang tersebar di berbagai aspek pemerintahan.

Hingga saat ini, NTB Mall mampu merambah pasar nasional dan mancanegara dengan membuka outlet di ibu kota negara DKI Jakarta dan di Malaysia. Selain itu masyarakat seluruh dunia dapat mengakses produknya melalui aplikasi yang telah tersedia. Yang menjadi nilai plus NTB Mall ialah mampu menampung seluruh produk UMKM lokal, sehingga UMKM tak perlu lagi memikirkan pemasarannya.

Sementara itu, inovasi program unggulan 99 Desa Wisata telah mengantar desa wisata di NTB melalang buana dan diakui oleh dunia. Desa Wisata menjadi ikhtiar Pemprov NTB dalam memaksimalkan potensi sumberdaya alam serta mempromosikan unsur tersebut dengan menampilkan keaslian pedesaan didukung aktifitas sosial budaya masyarakat.

Seiring pembangunan Desa Wisata, maka infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih, listrik, dan pengelolaan lingkungan dan persampahan dapat ditingkatkan. Sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat bisa terus melaju seiring semakin terkenalnya dan digandrunginya desa wisata di NTB.

Kepala Dinas Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy menjelaskan rincian inovasi yang terdapat di NTB. Di antaranya, terdapat 44 inovasi digital dan 90 non digital. Adapun bentuk inovasi daerah lainnya yakni; sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sebanyak 30 inovasi, inovasi pelayanan publik sebanyak 93 inovasi, dan inovasi tata kelola pemerintahan daerah sebanyak 11 inovasi.(ris)