Motoplex Kerja Sama dengan Bank Dinar, Mudahkan Masyarakat Miliki Sepeda Motor Brand Italia

0
Mustaen, Direktur Utama Bank Dinar, bersama Agnes Tri Wilujeng, Koordinator Sales Motoplex Moto7 Mataram dan Satria Jaya Kusuma di Dealer Motoplex, Senin, 27 November 2023. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Motoplex 4 sebagai dealer resmi sepeda motor Piaggio Group Brand di Mataram melakukan kerjasama dengan BPR Syariah Dinar Ashri atau Bank Dinar untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di NTB memiliki beragam tipe sepeda motor pabrikan Italia. Bank Dinar menjadi satu-satunya BPR Syariah di Provinsi NTB saat ini yang dijadikan mitra untuk pembiayaan sepeda motor Piaggio Group Brand.

Diketahui, PT Piaggio Indonesia membuka secara resmi dealer Motoplex 4 brand pertama di Mataram, NTB pada 11 Oktober 2023, bersaman dengan menjelang penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023. Motoplex 4 brand itu adalah Moto Guzzi, Aprilia, Piaggio dan juga Vespa, yang merupakan brand asal Italia dari Piaggio Group.

Kerjasama antara Motoplex dan Bank Dinar ini mendapat respon langsung dari salah satu yang mengakses pembiayaan kendaraan dari Bank Dinar. Satria Jaya Kusuma dari Sekarbela Kota Mataram menjadi nasabah pertama yang dibiayai untuk pembelian vespa matic. Pembiayaan perdana dari kerjasama Motoplex dengan Bank Dinar langsung diantar oleh Direktur Utama Bank Dinar, Mustaen ke Motoplex 4 di Sweta, Senin, 27 November 2023.

Satria mengatakan, pilihannya menggunakan sumber pembiayaan dari Bank Dinar karena marjin yang pembiayaan yang lebih kecil dibanding pembiayaan-pembiayaan lainnya. “Saya sudah lebih dari 3 tahun jadi nasabah Bank Dinar. Sekarang menggunakan fasilitas pembiayaan kendaraan dari Bank Dinar, karena selisih angsuran dibanding lembaga pembiayaan lainnya selisihnya jauh,” ujarnya.

Ia membanding-bandingkan dengan lembaga pembiayaan lainnya untuk produk pembiayaan yang sama, ditemukan selisih cicilan sebesar Rp500 ribu perbulan dengan pembiayaan sekitar Rp30 juta. Semakin besar nilai pembiayaan, selisihnya makin besar. karena itu, ia menjatuhkan pilihan pembiayaan kepemilikan kendaraan dari Bank Dinar.

Agnes Tri Wilujeng, Koordinator Sales Motoplex Moto7 Mataram menegaskan, Bank Dinar menjadi satu-satunya BPR/BPRS di NTB yang menjadi mitra kerjasama untuk pembiayaan sepeda motor Piaggio Group Brand. “Sudah ada dua bank lain yang menjadi mitra kerjasama kami, yaitu BCA dan Mandiri, itu juga masih dalam proses kerjasama,” ujarnya.

Kerjasama dengan Bank Dinar ini semakin memperbanyak pilihan konsumen untuk memiliki sepeda motor pabrikan Italia ini. Sementara itu, Direktur Utama Bank Dinar, Mustaen menyampaikan, kerjasama dengan Motoplex ini sudah memasuki tahap terakhir untuk penadatanganan kesepakatan para pihak. Bank Dinar sendiri memiliki program khusus pembiayaan untuk semua jenis kendaraan, roda 2, roda 4, baik baru, maupun bekas.

Dalam 3 bulan perjalanan program ini, Bank Dinar sudah mengucurkan pembiayaan kendaraan sebesar Rp2,5 miliar. Dengan marjin pembiayaan sekitar 0,75 persen perbulan. Atau setara dengan 9 persen setahun. Bank Dinar juga sudah bekerjasama dengan 5 principal. Bahkan Bank Dinar juga ekspansi hingga ke Bali memberikan pilihan produk kendaraan yang lebih beragam kepada masyarakat.

“Kita bekerjasama dengan semua pemilik produk (kendaraan), baik yang ada di NTB, dan kita juga ke Bali, agar makin banyak pilihan konsumen. Harga pembiayaan yang kita siapkan juga boleh dibandingkan dengan lainnya, sangat kompetitif,” demikian Mustaen. (bul)