Kantor Bahasa NTB Asah Kreativitas Siswa Lewat Kemah Sastra Daring

0
Kegiatan Kemah Sastra: Penulisan Cerita Pendek Berbahasa Daerah dari Senin, 27 November 2023 sampai dengan Rabu, 29 November 2023 yang dilaksanakan secara daring.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kantor Bahasa Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Kemah Sastra: Penulisan Cerita Pendek Berbahasa Daerah dari Senin, 27 November 2023 sampai dengan Rabu, 29 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan peserta berjumlah 12 siswa dan 12 guru pendamping. Para peserta merupakan pemenang I dan II dari lomba menulis cerpen jenjang SD dan SMP dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Tahun 2023.

Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas. Menurutnya, kegiatan Kemah Sastra merupakan rangkaian Revitalisasi Bahasa Daerah. Selain bertujuan melestarikan bahasa daerah, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa dalam berbahasa daerah.

“Ke depannya, hasil karya cerpen dalam kegiatan ini akan diantologikan bersama dengan cerpen-cerpen dari provinsi lain, seperti buku antologi Zamrud Khatulistiwa yang diterbitkan saat awal tahun,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Kemah Sastra ini menghadirkan tiga narasumber dari tiap-tiap bahasa yang direvitalisasi. Ketiga narasumber tersebut adalah Imam Safwan untuk bahasa Sasak, Aenun Jariah untuk bahasa Samawa, dan Maraatussoaliha untuk bahasa Mbojo.

Di tengah berbagai kendala, para peserta dan narasumber tetap semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga breakout rooms. Materi disampaikan oleh masing-masing narasumber. Selain itu, para narasumber akan melakukan diskusi dengan peserta melalui WhatsApp agar dapat lebih mengenal para peserta, meskipun hanya dilaksanakan secara daring. (ron)