Jelang Pemilu, Gandeng TNI dan Pol PP, Polisi Tingkatkan Operasi Malam

0

Praya (Suara NTB) – Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) kian dekat. Berbagai upaya pun dilakukan jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) untuk tetap menjaga kondusivitas wilayah. Tidak hanya pengamanan di siang hari, aparat Polres Loteng kini makin mengintensifkan kegiatan operasi atau razia pada malam hari. Dengan menggandeng aparat TNI serta Pol PP Loteng.

Sinergi tiga pilar pengamanan tersebut diharapkan mampu mendukung upaya cipta kondisi jelang perhelatan pesta demokrasi, Pemilu 2024 mendatang dengan lebih optimal lagi. “Sekarang aparat TNI dan Pol PP kita ikut dilibatkan dalam kegiatan patroli yang ditingkatkan, terutama pada malam hari. Sinergitas bertujuan untuk menciptakan cooling system di wilayah Loteng menjelang Pemilu 2024,” terang Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat, SIK., melalui Kabag. Ops. AKP Heri Indrayanto, S.H., Minggu, 26 November 2023.

Sasaran operasi bentuk tindak kriminalitas yang bisa memicu gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Mulai dari pencurian dengan kekerasan, curanmor, peredaran minuman keras, narkoba hingga aksi balap liar. Harapannya tentu, potensi munculnya gangguan keamanan tersebut bisa diantisipasi sejak dini dengan operasi yang dilakukan.

 “Melalui partroli malam yang ditingkat ini, bisa mencegah dan meminimalisir segala bentuk tindak pidana atau kriminalitas yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di daerah ini,”terang Hery.

Adapun wilayah yang menjadi sasaran operasi, terutama pusat-pusat keramaian serta aktivitas dan mobilitas masyarakat. Seperti kegiatan car free night di kawasan eks kantor Bupati Loteng. Kemudian pusat pertokoan Kota Praya, kawasan bandara hingga kawasan wisata The Mandalika.

Mengingat, saat ini kawasan The Mandalika juga sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan, sehingga dengan kehadiran aparat kepolisian bisa semakin memberikan raman aman bagi wisatawan yang berkunjung. “Kawasan Kuta mandalika tentunya membutuhkan kehadiran aparat keamanan. Mengingat mulai ramainya wisatawan yang datang dan menginap,” ujarnya.

Pun demikian, tambah Hery upaya menjaga keamanan yang dilakukan pihaknya tentu tidak akan bisa optimal. Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah ini. Karenanya, peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk bisa bersama-sama menciptakan dan menjaga stabilitas keamanan di daerah ini. (kir)