Lombok Sumbawa Motocross Beri Daya Ungkit bagi Perekonomian Daerah dan UMKM

0

Mataram (Suara NTB) – Perhelatan Lombok-Sumbawa Motocross yang digelar pada 24 hingga 26 November di Sirkuit Tohpati, Kota Mataram, NTB berakhir dengan sejumlah catatan menggembirakan.

Event juga dimeriahkan konser artis papan atas nasional dan lokal NTB. Artis papan atas Indonesia yang menghibur masyarakat NTB, khususnya peserta Lombok Sumbawa Motocross adalah The Rain, Isyana Sarasvati, Pamungkas, Jamrud dan Wika Salim.

Dari seluruh rangkaian acara, terutama pada malam puncak penutupan dan hiburan rakyat, Sabtu malam 25 November 2023, di eks bandara Selaparang Mataram, mampu menggeliatkan perekonomian daerah di sektor pariwisata dan UMKM.

“Multiplier effect dari event Lombok Sumbawa Motocross ini sangat luar biasa. Hiburan rakyat Sabtu malam yang dimeriahkan artis papan atas kami perkirakan bisa memutar uang hingga milyaran rupiah di sektor UMKM,” kata Bahrul Ulum, selaku Show Director Penyelenggaran Event.

Diketahui pada malam hiburan, Sabtu malam, artis-artis nasional dan lokal secara bergiliran memberikan hiburan bagi masyarakat di eks Bandara Selaparang. Artis-artis yang tampil ini merupakan permintaan dari para kroser dan juga trabaser.

Seluruh konser yang digelar di eks Bandara Selaparang ini gratis. Artinya, siapapun yang ingin datang menonton dipersilakan masuk, asalkan penonton ini tidak membawa makanan dari luar.

Dalam hal ini, pemerintah telah menyediakan 200 pelaku UMKM yang menjual berbagai jenis makanan dan bisa dibeli oleh penonton atau para pembalap dan pecinta otomotif.

Bahrul Ulum memperkirakan masyarakat yang hadir dan menyaksikan malam hiburan dan konser bisa mencapai 45 ribu hingga 50 ribu orang.

“Jika asumsinya tiap orang membelanjakan Rp50 ribu saja, maka sudah bisa terbayangkan bagaimana dampaknya untuk sektor UMKM ini, baik kuliner maupun jajanan rakyat,” katanya.

Diakuinya, Lombok Sumbawa Motocross Competition ini berdampak besar bagi pariwisata NTB.

“NTB sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ditetapkan sebagai Provinsi Sport Tourism di Indonesia patut bersyukur diberikan anggaran oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar event berskala nasional ini,” ujarnya. (r)