Jualan Narkoba di Loteng, Tiga Terduga Pengedar Dibekuk Polisi

0
Terduga pelaku pengedar narkoba asal Lotim ditahan di Mapolres Loteng, setelah tertangkap mengedarkan narkoba di wilayah Loteng, Kamis, 23 November 2023. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Aparat Polres Lombok Tengah (Loteng) menangkap tiga pemuda asal Kabupaten Lombok Timur (Lotim) saat tengah berjualan narkoba di Loteng. Ketiganya ditangkap Dusun Samar Kraton Desa Sisik Kecamatan Pringgarata, pada Kamis, 23 November 2023. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan narkoba jenis sabu-sabu seberat 3,73 gram siap jual.

Dari keterangan polisi menyebutkan, ketiganya ditangkap sekitar pukul 17.18 Wita. Di mana sebelumnya aparat kepolisian mendapat informasi dari warga kalau akan ada transaksi narkoba di salah satu lokasi yang kerap dijadikan lokasi transaksi barang haram tersebut. informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti aparat kepolisian dengan melakukan penyelidikan.

Benar saja, di lokasi yang ditunjukkan warga tersebut sudah ada ketiga pelaku lokasi. Tanpa pikIr panjang polisi langsung melakukan penyeregapan. Akibat, ketiga pelaku pun tidak bisa berkutik untuk kabur. Sempat menyangkal, para pelaku akhirnya tidak mengelak. Setelah polisi menemukan lima plastiK klip dengan tiga diantaranya berisikan serbuk bening yang setelah diperiksa ternyata narkoba jenis sabu-sabu.

“Setelah diperiksa, ternyata ada narkoba jenis sabu-sabu yang dibawa para pelaku,”terang Kapolres Loteng, AKBP  Iwan Hidayat, SIK.,  melalui Kasat Resnarkoba Iptu Derpin Hutabarat, SH, M.Hum., dalam keterangannya, Jumat, 24 November 2023.

Ketiga pelaku rata-rata masih berusia muda. Bahkan, salah seorang pelaku berinisil DO masih berusia 19 tahun. Kemudian pelaku lainnya, PI berusia 23 tahun serta AI lebih mudah lagi 20 tahun. “Ketiganya merupakan warga Paok Motong, Masbagik, Lotim. Dan, memang datang ke wilayah Loteng untuk berjualan narkoba,” jelas Derpin.

Atas perbuatannya tersebut, ketika pelaku terancam hukuman berat. Dan, untuk proses penanganan lebih lanjut ketiganya langsung diserahkan ke Polres Loteng. “Kasusnya sekarang ditangani Satresnarkoba Polres Loteng,”imbuhnya.

Berdasarkan informasi tersebut kemudian tim Sat Resnarkoba Res Loteng dengan gerak cepat melakukan penelusuran, penyelidikan dan pendalaman, kemudian melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku dan melakukan pemeriksaan dan penggeledahan badan di sekitar TKP.

Semua alat bukti seperti narkoba siap jual termasuk HP android milik para pelaku juga sudah diamannkan di Mapolres Loteng, bersamaan dengan para pelaku. “Untuk sementara seluruh barang bukti dan terduga pelaku telah kita amankan di Satresnarkoba Polres Loteng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tandasnya. (kir)