Jamrud, Isyana Sarasvati hingga Wika Salim Hibur Peserta Lombok Sumbawa Motocross

0

Mataram (Suara NTB) – Event Lombok-Sumbawa Motocross sejak tanggal 24-26 November di Sirkuit Tohpati, Kota Mataram, NTB dimeriahkan konser artis papan atas nasional dan lokal NTB. Artis papan atas Indonesia yang menghibur masyarakat NTB, khususnya peserta Lombok Sumbawa Motocross adalah The Rain, Isyana Sarasvati, Pamungkas, Jamrud dan Wika Salim.

‘’Sementara kalau artis lokal kita yang akan menghibur para kroser, trabaser dan masyarakat NTB ini ada The Datu dan juga Amtenaar. Mereka tampil menghibur para kroser, trabaser di eks Bandara Selaparang setelah selesai touring keliling ke beberapa objek wisata di Pulau Lombok,’’ ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., Jumat, 24 November 2023.

Menurutnya, artis-artis nasional dan lokal ini secara bergiliran memberikan hiburan bagi masyarakat di eks Bandara Selaparang. Artis-artis yang tampil ini merupakan permintaan dari para kroser dan juga trabaser. ‘’Kalau Wika Salim nanti malam terakhir akan tampil menghibur para pembalap,’’ ujarnya.

Jamaluddin menegaskan, seluruh konser yang digelar di eks Bandara Selaparang ini gratis. Artinya,  siapapun yang ingin datang menonton dipersilakan masuk, asalkan penonton ini  tidak membawa makanan dari luar. Dalam hal ini, pemerintah telah menyediakan 200 pelaku UMKM yang menjual berbagai jenis makanan dan bisa dibeli oleh penonton atau para pembalap dan pecinta otomotif.

Diakuinya,  Lombok Sumbawa Motocross Competition ini berdampak besar bagi pariwisata NTB. Menurutnya, NTB sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ditetapkan sebagai Provinsi Sport Tourism di Indonesia patut bersyukur diberikan anggaran oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar event berskala nasional ini.

Menurutnya,  banyak kegiatan yang digelar serangkaian Lombok Sumbawa Motocross Competition ini. Selain kick off yang digelar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Selain itu, touring di Pulau Sumbawa, touring community jelajah, kemudian konser musik di eks Bandara Selaparang, trabas hingga puncak kegiatan di Sirkuit Tohpati. Bahkan, konser musik di eks Bandara Selaparang, ujarnya, digelar gratis.

Menurutnya, event ini digelar gratis. Peserta touring hingga motocross di Sirkuit Tohpati tidak perlu membayar uang pendaftaran. Namun cukup dengan mengunggah di media sosialnya objek wisata yang dikunjungi.

Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB Lalu Herman Mahaputra mengatakan, Lombok-Sumbawa Motocross ini bertujuan meningkatkan promosi wisata NTB. Di sisi lain sekaligus mencetak kroser kelas internasional di Indonesia agar bisa tembus MXGP, baik di Sirkuit Samota dan Sirkuit Eks Bandara Selaparang.

Untuk memeriahkan event Motocross Lombok Sumbawa, IMI NTB juga mengundang ratusan pecinta otomotif dari NTB dan luar NTB untuk mengikuti parade Otomotif  Lombok Sumbawa Motocross dan touring Community Jelajah Lombok, Jumat (24/11) dan Sabtu, 25 November 2023 ini. (ham)