Atasi Sampah dan Jaga Kebersihan Lingkungan, Kota Bima Luncurkan ”Jumpa Berlian”

0
Kegiatan Jumpa Berlian yang digelar di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota Kota Bima, Jumat, 24 November 2023.(Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima meluncurkan Jumat Pagi Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian). Program gerakan masyarakat tersebut untuk mengatasi persoalan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Mengawali program itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Mukhtar, MH memimpin langsung kegiatan gotong royong di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota pada Jumat, 24 November 2023.

Selain membersihkan lingkungan sekitar Kelurahan Melayu, gotong royong bersama ASN, TNI, kalangan masyarakat dari muda-mudi hingga ibu-ibu itu, juga melakukan pembenahan taman dan fasilitas umum.

Sekda mengatakan Jumpa Berlian merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bukan hanya sekedar gotong royong atau kegiatan bersih-bersih.

“Jumpa Berlian merupakan wujud kepedulian semua pihak terhadap lingkungan di tempat tinggal,” ujarnya.

Ia menjelaskan program Jumpa Berlian merupakan gerakan reguler yang akan terus digulirkan di Kota Bima, dengan menyasar setiap Kelurahan per Kecamatan pada hari Jumat pada pekan ke-2 sampai pekan ke- 4 perbulannya.

“Yang lebih penting dengan program Jumpa Berlian kebersihan dan keindahan wajah Kota Bima dapat terjaga,” ujarnya.

Mukhtar mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebagai upaya bersama untuk mencegah penyakit dan menciptakan kesehatan masyarakat.

“Gotong royong ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman bagi semua warga,” ujarnya.

Ia berharap Jumpa Berlian dapat menumbuhkan kembali budaya dan kesadaran masyarakat dalam menangani isu kebersihan lingkungan untuk mengantisipasi bahaya penyakit dan ancaman bencana banjir yang kerap melanda Kota Bima.

“Dengan semangat gotong royong, masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan serta dalam menjalankan gerakan bersih-bersih lingkungan secara rutin,” harapnya. (uki)