Aksi Bela Palestina KSB Kumpulkan Donasi hingga Rp1,1 Miliar

0
Bupati KSB, H. W. Musyafirin saat berpidato di hadapan ribuan massa aksi bela Palestina, Jumat, 24 November 2023.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Aksi solidaritas bela Palestina yang digelar masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Jumat, 24 November 2023, tumpah ruah dihadiri ribuan massa.

Bertempat di kompleks KTC, pusat perkantoran pemerintah KSB. Aksi yang dikomandoi oleh sejumlah elemen organisasi keagamaan dan kemasyarakatan serta pemerintah KSB itu menjadi ajang masyarakat KSB menumpahkan seruan kurutukannya atas serangan zionis Israel terhadap Palestina yang hingga saat ini masih terus terjadi.

Massa yang ikut aksi itu datang dari seluruh kecamatan di KSB. Dengan mengenakan beragam pernak pernik hingga membawa bendera Palestina, massa memadati kompleks KTC sejak pagi hari.

Pihak panitia yang sejak beberapa hari lalu memang sudah menyiapkan aksi itu mengarahkan massa langsung ke depan panggung yang telah disediakan. Di sana sejumlah warga yang hadir diberikan kesempatan berorasi sebelum acara utama dimulai.

Kegiatan aksi itu pun dibuka langsung oleh bupati KSB, H. W. Musyafirin.

Dalam pidatonya bupati menyatakan, aksi ini sebagai simbol dari masyarakat KSB untuk menunjukkan keberpihakannya kepada Palestina. “Keberpihakan yang penting. Hari ini kita berkumpul menunjukkan kepada dunia bahwa kita benar-benar berpihak kepada saudara seiman kita di Palestina untuk melawan zionis Israel. Soal menang kalah kita serahkan kepada Allah,” cetusnya.

Untuk menunjukkan keberpihakan kepada Palestina, bupati mengajak massa untuk selalu memanjatkan doa terbaik. Menurut dia, membantu masyarakat Palestina bisa dilakukan dengan banyak cara. Dan salah satunya dengan selalu memanjatkan doa keselamatan bagi seluruh rakyat Palestina.

“Kita tidak boleh lengah dan lalai untuk berdoa bagi syahid dan syuhada di Palestina. Mudah-mudahan doa kita di sini bisa membawa Palestina menjadi negeri yang merdeka,” seru bupati yang disambut riuh suara takbir massa.

Selanjutnya bupati menambahkan, hal penting bentuk dukungan ke rakyat Palestina adalah memberikan infak. Saat ini kata dia, ratusan bahkan jutaan rakyat Palestina terancam jiwanya bukan karena berpotensi akan terbunuh oleh peluru atau serangan bom tentara Israel. Namun kekurangan makanan dan minuman serta minimnya dukungan medis yang memadai membuat rakyat Palestina semakin menderita.

“Saya minta kita semua memberikan infak terbaik dalam bentuk uang, karena kita tidak mungkin mengirim hasil panen ke sana. Jadi cukup donasinya pakai uang. Uang itu kita kumpulkan di sini untuk kemudian kita serahkan ke lembaga penyalur resmi sehingga sumbangan kita sampai kepada saudara-saudara kita di Palestina secepatnya,” harapnya.

Pada acara itu, masyarakat yang hadir langsung menyalurkan donasinya. Untuk menampung donasi tersebut, pihak panitia selain menempatkan kotak-kotak  penerimaan di tengah-tengah kerumunan peserta aksi ada juga peserta yabg menyerahkan langsung kepada panitia selama acara berlangsung. Hingga pada akhir kegiatan, pihak panitia mengumumkan total dana donasi yang terkumpul mencapai Rp1.111.001.000. Dan itu selanjutnya diserahkan oleh bupati secara simbolis mewakili masyarakat KSB kepada panitia. “Mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di Palestina,” kata bupati. (bug)