Tuntutan Zaman, Pejabat Loteng Harus Responsif dan Inovatif

0
Pejabat eselon III lingkup Pemkab Loteng mendapat pembekalan pengembangan kompetensi, Kamis, 23 November 2023. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Perkembangan zaman yang begitu pesat telah mampu mengubah hampir semua aspek kehidupan di masyarakat. Termasuk di lingkungan pemerintahan. Salah satu terkait kriteria atau standar kompetensi pejabat. Bahwa pejabat era sekarang ini dikatakan baru memiliki kompetensi jika responsif terhadap persoalan serta memiliki inovasi yang tinggi dalam bekerja.

 Seperti apa pejabat yang berkompetensi itula ialah pejabat yang resposif serta inovatif,” terang Wakil Bupati (Wabup) Loteng, Dr. H.M. Nursiah, S.Sos.,M.Si., saat menutup kegiatan pengembangan kompetensi pejabat eselon III lingkup Pemkab Loteng, di Ballroom kantor Bupati Loteng, Kamis, 23 November 2023.

Dalam bekerja para pejabat di daerah ini harus lincah. Tanggap terhadap persoalan yang terjadi sekaligus mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang ada. Jangan kemudian ketika menjadi pejabat justru malas-malasan dengan membebankan semua tugas kepada bawahan.

“Kita ingin pejabat Loteng itu yang lincah. Kreatif serta inovatif. Bekerja tidak hanya rutinitas belaka. Apalagi sampai bermalas-malasan. Karena zaman menuntut itu. Di tengah kian berat dan kompleks beban tugas yang harus diemban sebagai pejabat di pemerintahan,”tandasnya.

Ia pun mengaku cukup senang jika melihat hasil asesmen kinerja pejabat Loteng beberapa waktu lalu. Di mana hasil bisa dikatakan cukup baik. Rata-rata pejabat Loteng memiliki kompetensi yang diharapkan. Tetapi itu tidak cukup. Para pejabat Loteng harus terus memacu diri untuk bisa memberikan kinerja terbaik. Sekaligus mampu meningkatkan kualitas kompentensi diri sebagai abdi negara.

“Terutama para pejabat eselon III, kompetensi itu sangat penting. Sebagai modal sebelum nantinya bisa menapaki jenjang jabatan yang lebih tinggi lagi sebagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ujar Nursiah.

Sebelumnya, sebanyak 163 pejabat setingkat eselon III lingkup Pemkab Loteng mendapat pembekalan pengembangan kompetensi yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Loteng, sejak Rabu, 22 November 2023. Fokusnya pada peningkatan public speaking serta manajemen kinerja dan pengelolaan pegawai dengan menghadirkan ahli di bidangnya serta dari BKN perwakilan Denpasar. (kir)