Parade Otomotif dan Touring Community Jelajah Lombok Warnai Lombok Sumbawa Motocross

0

Mataram (Suara NTB) – Rangkaian Lombok Sumbawa Motorcross Competition 2023 terus berlanjut. Kamis, 23 November 2023 diwarnai dengan pelepasan Touring Community Jelajah Lombok dari Sirkuit Tohpati, Cakra Utara, Kota Mataram oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cakra Utara Lalu Heru N. Lebih dari 100 anggota komunitas motor mengikuti kegiatan menuju wilayah Sekotong, Lombok Barat ini.

Peserta selanjutnya akan mengeksplore objek wisata yang ada di Sekotong di media sosialnya. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi peserta touring yang mengikuti Lombok Sumbawa Motocross Competition ini.

Leader Track Touring Jelajah Lombok, Karim, menjelaskan, setelah dari Sekotong peserta akan melanjutkan perjalanan menuju Sembalun, Lombok Timur. Di Sembalun, para peserta akan mengikuti sejumlah kegiatan yang digelar di objek wisata andalan NTB ini.

Karim menjelaskan, touring yang digelar ini adalah untuk memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di daerah ini, khususnya bagi peserta touring yang berasal dari luar daerah. Sementara peserta dari dalam daerah hanya sebagai pendamping peserta yang sebagian besar dari luar daerah.

Pihaknya mengharapkan dengan adanya touring jelajah ini para peserta yang berasal dari luar daerah menikmati objek wisata yang dilalui dan mengunggah atau memposting di media sosialnya.

Sementara Pelaksana Harian Lurah Cakra Utara Lalu Heru N mengharapkan kegiatan ini memiliki dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya yang ada di sekitar sirkuit. Pihaknya juga mengharapkan pembalap dari luar daerah yang mengikuti touring jelajah atau balapan yang digelar di Sirkuit Tohpati terkesan dengan kegiatan yang digelar.

Pada Kamis sore digelar parade otomotif yang dilepas di depan Kantor Gubernur NTB. Acara yang diikuti komunitas otomotif ini kemudian menuju eks Bandara Selaparang yang menjadi salah satu lokasi kegiatan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., kembali menegaskan, jika Lombok Sumbawa Motocross Competition ini berdampak besar bagi pariwisata NTB. Menurutnya, NTB sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ditetapkan sebagai Provinsi Sport Tourism di Indonesia patut bersyukur diberikan anggaran oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar event berskala nasional ini.

Pihaknya juga memberikan klarifikasi terkait besarnya anggaran yang dialokasikan terhadap kegiatan penyelenggaraan ini sebesar Rp24 miliar. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan oleh pihak ketiga atau oleh Event Organizer (EO) dan telah melalui proses tender.

Dalam hal ini, pihak-pihak yang ditunjuk melaksanakan pekerjaan bekerja sesuai dengan Rincian Anggaran Pembiayaan (RAB). ‘’Tentu ada kegiatan-kegiatannya. Kalau tidak sesuai dengan itu, maka siap-siap pengelola (Dinas Pariwisata Provinsi, red) pasti masuk penjara. Yang kelola kan pihak ketiga. Sesuai dengan Peraturan Presiden. Tapi dana itu turun bukan turun begitu saja, tapi berdasarkan proposal yang diajukan,’’ terangnya.

Jamaluddin menegaskan banyak kegiatan yang digelar serangkaian Lombok Sumbawa Motocross Competition ini. Selain kick off yang digelar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Selain itu, touring di Pulau Sumbawa, touring community jelajah, kemudian konser musik di eks Bandara Selaparang, trabas hingga puncak kegiatan di Sirkuit Tohpati. Bahkan, konser musik di eks Bandara Selaparang, ujarnya, digelar gratis. Dalam hal ini, penonton hanya dipersyaratkan tidak membawa makanan masuk dalam eks bandara. Penonton atau komunitas motor cukup membeli makanan di UMKM yang sudah disiapkan oleh Pemkot Mataram dan Pemprov NTB. (ham)