Dinas PUPR Lotim Sertifikasi Tukang Bangunan

0
Pelatihan dan sertifikasi tukang bangunan. Sertifikasi dan kompetensi tukang bangunan penting dilakukan, karena ilmu pengetahuan dan teknologi berubah setiap saat. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur (Lotim) melakukan sertifikasi tukang bangunan. Sertifikasi profesi tukang itu dinilai penting dan sama pentingnya dengan sertifikasi profesi lain.

Penegasan ini disampaikan Penjabat Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik saat membuka pelatihan sertifikasi profesi tukang di kantor PUPR Lotim, Rabu, 22 November 2023.

Menurut Juaini Taofik, setiap profesi memiliki standar kompetensi masing-masing. Kompetensi  terlihat  dari tingkat keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja. Dikatakan, ilmu pengetahuan terus mengalami perkembangan. Karenanya, semua profesi perlu untuk terus melakukan penyesuaian dan memperbaharui pengetahuan masing-masing seiring kebutuhan dan tuntutan pengguna jasa.

Adanya sertifikasi menjadi bukti atas kompetensi dari profesi seseorang. Tidak cukup waktu membuktikan diri dengan menunjukkannya. Lewat sertifikasi yang dimiliki, bisa menyakinkan pengguna jasa untuk menggunakan jasanya.

Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPR NTB Kusmalahadi Syamsuri menyampaikan seluruh pekerjaan jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat.

Sertifikasi memberikan nilai tambah dalam persaingan di dunia jasa konstruksi. Dari 186 ribu lebih pekerja konstruksi terdapat hanya 5 persen yang sudah mengantongi sertifikat. Ia berharap 30 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat fokus dan menyelesaikan hingga tuntas. Diharapkan ke depan semakin banyak pekerja tukang dapat sertifikasi. (rus)