Ke Jepang Harus Tes TBC, Dispar NTB Ajak Wisatawan Nusantara Berwisata ke NTB

0

Mataram (Suara NTB) – Tahun 2024 mendatang, Pemerintah Jepang mewajibkan semua warga atau wisatawan di 6 negara, yakni Indonesia, China, Vietnam, Filipina Nepal dan Myanmar harus melakukan tes Tuberculosis (TBC). Bagi wisatawan dari 6 negara ini jika tidak menyertakan bukti tes TBC, tidak akan diperkenankan masuk.

Adanya aturan yang wajib dipenuhi bagi wisatawan, khususnya dari Indonesia ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., untuk memilih berwisata di objek wisata di dalam negeri, terutama ke NTB. Menurutnya, hingga sekarang ini, Provinsi NTB belum ada aturan yang meminta pendatang atau wisatawan dari daerah lain atau luar negeri harus memiliki bukti tes TBC.

 “Jika ada aturan ke Jepang yang mewajibkan ada bukti tes TBC, kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, nggak usah berwisata ke Jepang. Cukup berwisata ke Lombok dan Sumbawa saja,” ujarnya saat dikonfirmasi di Hotel Lombok Astoria Mataram, Selasa, 21 November 2023.

Jamaluddin mengakui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki program bangga berwisata di Indonesia. Untuk itu, sebagai turunannya, NTB juga memiliki program bangga berwisata di Lombok dan Sumbawa saja. Apalagi NTB  memiliki beragam destinasi wisata yang tidak kalah indah dari luar negeri. Bahkan, NTB menyimpan keindahan alam mulai dari bawah laut sampai puncak gunung.

Dicontohkannya, NTB memiliki destinasi wisata hiu paus di Kabupaten Sumbawa, Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Gunung Tambora di Pulau Sumbawa dan lainnya. Selain itu, NTB juga memiliki wisata bahari di pulau-pulau kecil, seperti Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, Pulau Moyo dan lainnya.

Tidak hanya itu, ujarnya, Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, MSi., sedang membangkitkan wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), baik di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Dalam hal ini, seluruh organisasi perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB diminta melobi kegiatan MICE kementerian/lembaga untuk dilaksanakan di NTB. Jika ada bertaraf nasional digelar di Pulau Lombok, sementara kegiatan bersifat provinsi akan digelar di Pulau Sumbawa. (ham)