Besarannya Masih Dibahas dan Dikaji, Disnaker Sebut UMK Kota Bima 2024 Bakal Naik

0
Abdul Haris Dinata . (Suara NTB/uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima menyebut Upah Minimum Kota (UMK) di Kota Bima tahun 2024 diusulkan bakal naik. Tapi besaran pastinya belum diketahui karen masih dibahas serta dikaji.

“UMK Kota Bima tahun 2024 tetap diusulkan naik. Untuk besarannya masih kita bahas dan kaji,” kat Plt. Kepala Disnaker Kota Bima, Abdul Haris Dinata, SE, M.SI, Selasa, 21 November 2023.

Lebih lanjut Ia, mengaku usulan kenaikan UMK Kota Bima tahun 2024 mendatang, harus dibahas dan dikaji terlebih dahulu dengan beberapa pihak terkait, salahsatunya dengan Dewan Pengupahan. Setelah itu, disepakati kemudian disampaikan ke Kepala Daerah.

“Mekanismenya, Disnaker membahas dengan Dewan Pengupahan. Hasilnya akan diteruskan ke Kepala Daerah kemudian diajukan ke Gubernur untuk ditetapkan,” katanya.

Ia menambahkan usulan besaran UMK yang dibahas tetap memperhatikan beberapa aspek, salahsatunya tingkat inflasi yang terjadi di Kota Bima saat ini. Selain itu, juga mengacu aturan dan ketentuan yang dikeluarkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenakertrans).

“Besaran UMK yang diusulkan tetap memperhatikan laju inflasi yang terjadi, serta aturan dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Melengkapi data, UMK Kota Bima tahun 2023 yang ditetapkan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE, berdasarkan surat keputusan (SK) nomor 561-842 tahun 2022, sebesar 2.425.030 rupiah. Besarannya mengalami kenaikan 7,01 persen dibanding UMK tahun 2022 sebesar Rp2.265.376. (uki)