Atasi Kekurangan Pakan di Musim Kemarau, Disnak Dompu Latih Petugas Teknologi Pengolahan Pakan dan Pembuatan Probiotik

0
Muhammad Abduh (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Keterbatasan pakan ternak saat musim kemarau masih jadi masalah yang terus berulang dihadapi petani ternak di Kabupaten Dompu. Pada musim hujan, pakan cenderung berlimpah dan banyak menjadi limbah.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu mendorong petugasnya di masing – masing UPTD untuk memahami teknologi pengolahan pakan dan pembuatan probiotik. Pakan yang diolah dapat disimpan lebih lama, sehingga keterbatasan pakan yang dihadapi saat musim kemaraun dapat diatasi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, MSi kepada Suara NTB, Selasa, 21 November 2023. “Kerja sama dengan CesFARMS (Center For Sustainable Farms System) Unram, kami berikan bimbingan teknis bagi petugas UPTD Peternakan kecamatan se Kabupaten Dompu terkait teknologi pengolahan pakan dan pembuatan probiotik,” ungkapnya.

Bimtek yang  dilaksanakan sehari itu, kata Abduh, menghadirkan Prof. Yusuf dan Dr. Dedy dari Unram dengan 70 orang peserta. “Ini bagian dari upaya nyata kita dalam memanfaatkan limbah pertanian yang melimpah dengan sistem Silase dan Fermentasi,” ungkapnya.

Dengan menjadikan petugas di masing – masing UPTD sebagai tenaga terampil dalam pengolahan pakan, Abduh berharap, dapat mengimplementasikan pada peternak binaan di wilayahnya. Sehingga persoalan keterbatasan pakan di musim kemarau dapat diatasi peternak. Bahkan peternak dapat mengandangkan ternaknya. “Ini yang terus kita edukasi petani ternak,” katanya. (ula)