AMMAN Gandeng Borussia Dortmund Kembangkan Talenta Pemain Muda KSB

0
Para peserta pelatihan sepak bola yang digelar PT AMMAN bekerja sama dengan Borussia Dortmund tampak antusias berlatih. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) resmi menggandeng Borussia Dortmund (BVB) sebagai mitranya dalam upaya mengembangkan talenta pemain sepak bola muda di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kami telah menjalin kemitraan strategis berdurasi dua tahun dengan Borussia Dortmund untuk mengembangkan karakter talenta muda melalui sepak bola di Kabupaten Sumbawa Barat, Indonesia,” demikian rilis PT AMMAN yang diterima Suara NTB, Selasa, 21 November 2023.

Masih dalam rilisnya, PT AMMAN menyebut, kerja samanya itu menjadi kemitraan perusahaan tambang pertama di Indonesia yang mengikat klub sepak bola profesional asal Eropa dalam jangka waktu panjang.

Selama kemitraan berlangsung, AMMAN dan salah satu klub sepak bola ternama asal Jerman itu akan memperkuat ekosistem dan mempromosikan berbagai kegiatan sepak bola di KSB. Termasuk menggelar liga untuk pemain anak putra dan putri serta anak berkebutuhan khusus (disabilitas).

Upaya itu akan dijalankan dengan menggelar berbagai program pelatihan untuk pelatih dan pemain lokal, penyediaan dan perlengkapan penunjang sepak bola hingga mengirimkan pelatih dan pemain lokal pilihan ke BVB Evonik Football Academy serta konsultasi teknis.

Presiden Direktur PT AMMAN, Rachmat Makkasau menjelaskan, bahwa AMMAN senantiasa mendukung program pengembangan ekosistem sepak bola di KSB secara inklusif.

“Sebagai salah satu perusahaan tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia kami selalu berupaya untuk mendorong pengembangan pribadi dan sosial masyarakat di area AMMAN beroperasi untuk mencapai potensi penuhnya. Dan salah satunya melalui sepak bola sebagai bagian dari upaya pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) perusahaan,” jelas Rachmat.

BVB sementara ini telah memulai program pelatihannya untuk anak-anak lokal dari berbagai rentang umur. Perdana program itu digelar pada tanggal 15 hingga 19 November 2023 lalu di stadion Gibraltar Universitas Cordova Indonesia, Taliwang. Pelaksanaan teknisnya sendiri didukung oleh ASA Foundation yang selama ini telah menjadi mitra AMMAN dalam menyelenggarakan Liga Sepak Bola Profesional KSB musim 2023.

Rachmat menyatakan, PT AMMAN percaya pada pentingnya olahraga dalam pengembangan sumber daya manusia. Karena itu melalui program #Sport4Development, perusahaan memberikan kesempatan bagi para pemain muda KSB untuk mencapai potensi maksimalnya khususnya pada olahraga sepak bola.(bug)