Peserta PPPK Tak Hadir Dinyatakan Gugur

0

Giri Menang (Suara NTB) – Hari ketiga pelaksanaan tes seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Lombok Barat (Lobar), Sabtu, 18 November 2023 berlangsung lancar. Kendati sempat mati listrik selama 5 menit, tidak sampai mengganggu pelaksanaan tes tersebut. Pada hari ketiga seleksi kompetensi tersebut, terdapat 8 peserta tidak hadir dan dinyatakan gugur oleh Panselnas.

Kepala BKD PSDM Lobar Jamaludin mengatakan pelaksanaan seleksi di hari pertama, kedua dan ketiga berjalan dengan lancar. Dalam seleksi PPPK ini alur pelaksanaan seleksi dimulai dari penitipan barang pada loker, kemudian memasuki ruang steril I dengan pemeriksaan menggunakan metal detector, dilanjutkan dengan absensi dan pengecekan dokumen ( kartu tanda penduduk dan kartu peserta). Peserta kemudian melakukan registrasi PIN dan face recognition.

Seleksi kompetensi PPPK dilaksanakan selama 130 menit dengan 4 seleksi yaitu, seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan seleksi wawancara. “Pada hari ketiga tes kompetensi P3K, pada Hari Sabtu yang tidak hadir, sesi III lima orang, sesi II 1 orang dan sesi 1 sebanyak 2 orang, totalnya 8 orang,”sebut Kepala BKD dan PSDM Lobar melalui Kabid Pengadaan Data Informasi Lalu Muhammad Fauzi, Minggu, 19 November 2023.

Dijelaskan dari para peserta yang tidak hadir, kebanyakan tak datang tanpa keterangan, sehingga Panselnas pun menetapkan mereka gugur. Adanya delapan peserta yang gugur pada hari ketiga, menambah peserta yang gugur menjadi 9 orang. Sebelumnya pada hari kedua, yang digelar Jumat, 17 November 2023 terdapat satu orang peserta gugur akibat terlambat.

Dijelaskan, pelaksanaan tes hari tiga, berlangsung lancar. Hanya saja diakui, Panselda sedikit keteteran karena mengatur peserta yang keluar dan masuk ikut tes. Panselda mengatur jalur keluar masuk peserta yang sudah selesai tes dan peserta yang akan masuk tes ke ruangan.

Pihaknya pun menerjunkan tim Panselda untuk mengatur peserta agar tidak menumpuk di pintu masuk. Selain itu, sempat terjadi gangguan akibat mati listrik. “Sempat mati lampu sebentar, tapi kan pakai laptop, sehingga tersimpan otomatis,”ujarnya.

Mati lampu terjadi sekitar lima menit, dan langsung dibackup menggunakan genset. Diketahui pada pelaksanaan tes hari ketiga ini Lobar kebagian jatah tiga sesi atau full. Yakni sesi I, II dan III jumlah peserta yang ikut tes 1.200 orang, terbagi menjadi tiga sesi masing-masing sesi 400 orang. (her)