Jaksa Usut Dugaan Korupsi Dana Bumdes di Desa Tepal

Mataram (Suara NTB) – Penyidik Kejaksaan Negeri Sumbawa, tengah mengusut dugaan korupsi pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Alang Desa Tepal, Kecamatan Batulanteh, setelah menerima laporan dari masyarakat. “Jadi, kasusnya masih di tahap penyelidikan. Kita juga akan segera menjadwalkan pemanggilan terhadap sejumlah pihak atas laporan tersebut,” kata Kasi Pidsus Kejari Sumbawa, Indra Zulkarnaen, kepada Suara NTB, kemarin.

Dijelaskan Indra, pengusutan terhadap perkara tersebut tidak berkaitan dengan penggunaan dana desa melainkan dana Bumdes. Hal tersebut perlu diluruskan karena penggunaan dana desa menjadi program strategis nasional (PSN) untuk dikawal. “Jadi, yang kita selidiki bukan penggunaan dana desa, tetapi dana Bumdes, karena itu merupakan hal yang berbeda,” jelasnya.

Indra pun meyakinkan, penggunaan dana Bumdes yang diduga bermasalah tersebut ditaksir mencapai Rp700 juta. Namun untuk kepastianya, pihaknya memastikan akan terus melakukan pendalaman lebih lanjut. “Jadi, itu baru potensi (Rp700 juta), tetapi kami masih akan terus melakukan pendalaman lebih lanjut untuk kepastian angka tersebut,” ujarnya.

Indra pun berharap kepada sejumlah pihak untuk kooperatif ketika dilakukan pemanggilan. Hal itu dilakukan, supaya dalam penanganan terhadap perkara tersebut tidak ada kendala nantinya. “Kita berharap pihak terkait bisa kooperatif saat kita mintai keterangan nantinya, supaya pengusutan perkara ini tidak ada kendala,” harapnya.

Sebelumnya penyelidik Kejaksaan Negeri Sumbawa menerima laporan dari masyarakat Desa Tepal atas dugaan korupsi penggunaan dana Bumdes. Didalam laporan itu, turut menyebutkan nama mantan Kades setempat berinisial AA ada pertengahan tahun 2023 dengan kerugian mencapai Rp700 juta. (ils)







Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Dikbud Ingatkan Guru ASN dan PPPK Tidak Berpolitik Praktis

0
Mataram (Suara NTB) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., mengingatkan guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara...

Latest Posts

Dikbud Ingatkan Guru ASN dan PPPK Tidak Berpolitik Praktis

Mataram (Suara NTB) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan...

PON Aceh Sumut, 254 Atlet Siap Berikan Prestasi Terbaik bagi NTB di 41Cabor

Mataram (Suara NTB) - NTB akan mengikuti 192 nomor...

Gunakan BTT Intervensi Harga

PROVINSI NTB menjadi salah satu dari sepuluh provinsi dengan...

Pendakian Rinjani akan Dibuka hingga 31 Desember 2023

Mataram (Suara NTB) - Aktivitas pendakian Rinjani masih tetap...