Tingkatkan Kompetensi UMKM, Diskop UKM Gelar Pelatihan Jasa Service HP dan Penetas Telur

0

Dompu (Suara NTB) – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Dompu menggelar pelatihan bagi pelaku jasa service handphone (HP) dan pelaku usaha peternakan ayam di Dompu. Pelatihan yang dilakukan kepada pelaku usaha ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga bisa mengembangkan usaha dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Pelatihan ini dilangsungkan di dua tempat. Pelatihan service HP dilaksanakan di SMKN 1 Dompu dan pelatihan proses penetasan telur di Kelurahan Kandai 1 Dompu, selama 3 hari hingga Jumat, 17 November 2023. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT di gedung workshop SMKN 1 Dompu, Selasa, 14 November 2023.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT meminta kepada peserta untuk memaksimalkan kesempatan pelatihan. Karena tidak semua mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi terkait keahlian usaha yang sedang dijalani oleh masing – masing peserta. “Ketika ada yang dirasa kurang, langsung ditanyakan. Sehingga setelah pelatihan dirasakan manfaatnya,” harapnya.

Ia pun berharap, pelatihan yang diberikan dapatkan meningkatkan kapasitas peserta. Sehingga  usaha yang sedang dijalani bisa terus berkembang dan memenuhi kebutuhan pasar yang ada. Terlebih penggunaan HP kini hampir menjadi kebutuhan dasar dan setiap orang memanfaatkan.

Begitu juga kebutuhan ayam broiler dan selama ini banyak dipasok dari luar daerah untuk kebutuhannya. “Potensi pasar yang besar ini harus bisa dimanfaatkan, walaupun tidak semuanya. Itu menjadi potensi usaha yang memiliki prospek yang baik,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Dompu, Hj Daryati Kustilawati, SE., M.Si menyampaikan pelatihan yang diadakan untuk kedua jenis keahlian ini dilaksanakan selama 3 hari di dua tempat terpisah. Peserta pelatihan diambil di delapan kecamatan se Kabupaten Dompu dan merupakan pelaku usaha yang sudah berkecimpung  di bidangnya.

Mereka akan dilatih dan diasah lagi kemampuannya oleh para tutor yang sudah ahli di bidangnya. Karena tujuan utama kegiatan ini agar pelaku usaha semakin maju dan berkembang, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru. “Usaha berkembang, masyarakat sejahtera sehingga visi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera,Unggul dan Religius) seperti yang kita cita-citakan, bisa terwujud,” harapnya. (ula)