KPU Kabupaten Bima Ingatkan Parpol dan Caleg 2024 Tak Kampanye di Luar Jadwal

0

Bima (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima mengingatkan seluruh partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) yang sudah ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024 untuk tidak berkampanye diluar jadwal yang ditentukan.

Ketua Divisi SDM, Parmas, dan Sosdiklih KPU Kabupaten Bima, Ady Supriadin mengatakan jadwal kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pada tanggal 28 November mendatang. Proses tahapannya akan diawali deklarasi kampanye damai.

“Sebelum jadwal, kita sudah ingatkan seluruh parpol dan para Caleg untuk tidak melakukan kampanye,” kataya kepada Suara NTB, Senin, 12 November 2023.

Lebih lanjut Ady mengatakan pihaknya juga akan melakukan penertiban alat peraga sosialisasi (APS) dan alat peraga kampanye (APK). Para penyelenggara Pemilu dari tingkat Kabupaten dan Kecamatan telah membahas melalui rapat koordinasi (rakor) terkait hal itu

“Sebelum penertiban APK dan APS serentak, kita sudah membahasnya melalui rakor bersama dengan stakeholder lain dari tingkat Kabupaten sampai Kecamatan,” katanya.

Dari rakor bersama Bawaslu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Kesbangpol, Sat Pol PP dan Parpol peserta pemilu 2024 tersebut, ada beberapa poin yang disepakati, seperti menolak politisi SARA dan politik uang.

“Termasuk juga tidak melibatkan pihak yang dilarang dalam aturan untuk melakukan kegiatan politik praktis,” katanya.

Selain itu tambah dia, juga tidak melakukan kegiatan kampanye diluar tahapan seperti yang tertuang dalam PKPU nomor 15 tahun 2023 sebagaimana diubah dengan PKPU nomor 20 tahun 2023 tentang kampanye Pemilu.

“Tidak memasang atau menempelkan APS dan APK, di tempat yang dilarang sesuai ketentuan yang berlaku. Termasuk juga bersedia untuk menertibkannya,” pungkas Ady. (uki)