Cuaca Panas, Pemakaian Listrik Naik Hingga 45 MW

0

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs.H.L.Gita Ariadi, M.Si, Kamis, 9 November 2023 menerima kunjungan dan silaturahmi GM PLN UIW NTB, Sudjarwo di ruang kerjanya Kamis, 9 November 2023. Dalam silaturahminya itu, Sudjarwo melaporkan secara rinci kondisi ketersediaan daya listrik untuk NTB saat ini.

‘’Senang bisa silaturahmi dan mendengar langsung laporan GM PLN UIW NTB, Mas Djarwo tentang kondisi ketersediaan daya listrik saat ini,’’ ujar Pj Gubernur, Jumat, 10 November 2023.

Dilaporkan bahwa, cadangan daya listrik di Pulau Lombok sampai dengan September 2023 sebesar 60 MW.  Sejak Oktober cuaca panas menyebabkan kenaikan pemakaian listrik oleh masyarakat cukup tinggi.  ‘’Cuaca panas menyebabkan kenaikan pemakaian listrik oleh masyarakat  sampai sebesar 45 MW,’’ sebutnya.

Ditambahkan Pj Gubernur bahwa saat ini PLN melaksanakan pemeliharaan rutin terhadap pembangkit yang tidak bisa ditunda lagi sebesar 50 MW. Sehingga jika beban listrik tetap setinggi saat ini maka terjadi kekurangan daya (dilakukan pemadaman) sebesar 35 MW. ‘’Itulah rupanya penyebab terjadinya pemadaman bergilir di beberapa tempat untuk beberapa saat.’’

Kemudian mesin sebesar 25 MW akan selesai pemeliharaan setelah  1 minggu ke depan. Sisanya sebesar 10 MW akan selesai pemeliharaan pada  22 November.

‘’Untuk mengurangi pemakaian optimal daya, tentu kita berharap segera turun hujan dan cuaca tidak terlalu panas. Kemudian penggunaan AC berkurang sehingga pemakaian daya listrik normal kembali sehingga tidak terjadi pemadaman bergilir yang berulang,’’ harap Gita.

Dalam silaturahminya, GM PLN UIW NTB, Sudjarwo didampingi sejumlah pejabat lingkup PLN UIW NTB. (r)