Sirkuit Mandalika Dicoret dari Kalender WSBK 2024

0

Praya (Suara NTB)- Pertamina Mandalika International Circuit kemungkinan besar tidak lagi menggelar ajang balap dunia World Superbike (WSBK) musim balapan tahun 2024 mendatang. Pasalnya, dari kalender sementara ajang balap dunia WSBK musim balap 2024 yang dirilis Dorna Sport selaku penyelenggara, tidak ada sirkuit Mandalika yang tercantum di dalamnya.

Dari 12 seri balapan yang direncanakan tahun depan ada 10 sirkuit lama yang bakal kembali menggelar ajang balapan dunia tersebut. Ditambah dua sirkuit baru yakni Sirkuit Cremona Italia serta Sirkuit Taman Balaton Hungaria.

Sesuai rilis kalender balapan sementara yang diterima Suara NTB, Kamis (16/10) kemarin, menyebutkan total seri balapan WSBK tahun depan akan diselenggarakan di 9 negara. Dengaan seri perdana akan digelar di Sirkuit Philip Island Australia, pada 23-25 Februari 2024 mendatang.

Dilanjutkan kemudian Sirkuit de Barcelona-Catalunya Spanyol, sebulan berselang. Adapun seri terakhir akan berlangsung di Sirkuit Jerez Spanyol. Di mana Spanyol sendiri menjadi Negara yang paling banyak mendapat jatah gelaran WSBK, sebanyak tiga seri balapan.

Kemudian Italia kebagian dua seri balapan. Sedangkan Belanda, Australia, Inggris, Ceko, Portugal, Hungaria serta Prancis kebagian masing-masing satu seri balapan saja. Dengan Australia menjadi satu-satunya Negara penyelenggaran WSBK di luar benua Eropa.

Tidak hanya itu Australia juga berkesempatan menggelar tes pra musim resmi WSBK pada 19-20 Februari 2024. Sebelum balapan perdana digelar di sirkuit yang sama sepekan kemudian. Bersama dengan Sirkuit de Barcelona, Spanyol akan menggelar tes dukungan pada 14-15 Maret 2024.

Direktur Utama Mandalika Grand Priv Assocation (MGPA), Priandhi Satria yang dikonfirmasi Suara NTB terkait dicoretnya sirkuit internasional Mandalika sebagai lokasi gelaran WSBK musim balap 2024 mendatang, belum mau berkomentar banyak. Ia mengisyaratkan untuk menunggu sampai ada jadwal resmi balapan WSBK tahun depan. “Sebentar ya,” jawabnya singkat.

Adapun untuk balapan MotoGP tahun depan, dipastikan tetap akan sirkuit internasional Mandalika. Di mana sirkuit Mandalika sesuai jadwal resmi yang dikeluarkan Dorna Sport  bakal menggelar seri ke 15 pada tanggal 27-29 September 2024 mendatang. (kir)