Pilkades Serentak Hasilkan Kades Pendatang Baru

0

Tanjung (Suara NTB) – Pilkades serentak di 5 desa telah usai dilakukan. Proses yang berjalan sesuai dengan tahapan yang diatur dalam regulasi daerah. Pada Pilkades kali ini, menghasilkan Kades terpilih yang notabene pendatang baru.

Informasi yang dihimpun koran ini, penghitungan suara dengan keunggulan calon Kades terpilih beredar di publik sekitar pukul 15.30 WITA. Namun demikian, hasil penghitungan suara resmi belum dikeluarkan oleh Panitia Pilkades.

Sebagaimana informasi yang beredar di beberapa group WhatsApp, Pilkades Loloan, dengan semua calon Kades pendatang baru, mengunggulkan L. Hinaskin, (No. Urut 2) dengan perolehan suara 1.631 orang (selisih 345 suara) dibandingkan calon No. Urut 1, Asmawan dengan 1.286 suara. Sedangkan calon no urut 3, Mustiadi hanya memperoleh 142 suara.

Pada Pilkades Akar-akar, dengan 5 orang Calon mengunggulkan Calon nomor urut 4 yakni Budi Priyo Santoso dengan perolehan suara 510 suara. Sedangkan 4 calon lain, masing-masing nomor urut 2 Muhammad Nasri memperoleh 490 suara, nomor urut 1, Sugawadi memperoleh 195 suara, nomor urut 5, Atsah, memperoleh 157 suara dan nomor urut 3, Akarudin, 130 suara.

Berikutnya pada Pilkades Samik Bangkol, calon incumbent, Sajudin, S.Sos., memperoleh suara 2.206 suara. Ia ditumbangkan oleh calon nomor 3, Suhaedi, A.Md., dengan perolehan 2.313 suara (selisih 107 suara). Sedangkan calon no. Urut 2, Zulkarnaen memperoleh suara 559 suara.

Selanjutnya, pada Pilkades Teniga, dari suara sah 1.736 suara, menempatkan keunggulan calon Kades nomor urut 4, M. Yusuf dengan perolehan 853 suara. Disusul suara calon nomor urut 2, Muzharudin H dengan perolehan 817 suara. Sedangkan nomor urut 1, Maswandi, dan Nomor urut 3, Mahmud, sama-sama memperoleh 34 suara. Sedangkan suara tidak sah 25 suara.

Terkahir Pilkades Desa Medana menempatkan keunggulan calon nomor urut 2, Lalu Didik dengan perolehan suara 1.269 suara, disusul calon incumbent nomor urut 1, Umar Khalid 987 suara dan calon nomor urut 3, Subianto dengan perolehan 944 suara.

Terpisah, Kepala Bidang Penataan Administrasi Desa pada Dinas Pengendalian Penduduk, KB PMD Kabupaten Lombok Utara, Marta Efendi, S.Sos., yang dikonfirmasi mengatakan pelaksanaan Pilkades di 5 desa berjalan kondusif. Tidak ada kejadian yang dianggap reaktif yang mengganggu jalannya Pilkades. Namun demikian, pihaknya belum bisa mengumumkan perolehan suara Pilkades secara resmi mengingat pleno Panitia dan BPD belum dilakukan.

“Sampai saat ini belum ada rekapan dari teman-teman yang kita tugaskan untuk piket. Tapi secara umum, Pilkades berjalan aman, lancar dan sukses,” tandas Marta. (ari)