”Mandalika Dance” Padukan Sirkuit dan Legenda Putri Mandalika

0

Praya (Suara NTB) – MotoGP Mandalika 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika sudah usai digelar. Pada event yang disiarkan ke seluruh pelosok dunia ini oleh mitra Dorna Sports, sudah mampu mengangkat khususnya kawasan Mandalika ke pentas nasional. Tidak saja kawasan Mandalika, tapi berbagai macam potensi budaya dan keindahan alam yang ada di kawasan Mandalika dan sekitarnya terekspose ke seluruh penjuru dunia.

Berbagai macam potensi budaya inilah kemudian yang coba diangkat oleh  Planner Ide & Concept yang juga Event Director Mandalika International Festival (MIF) Sirajuddin, SST.Par, S.Pd, MT.Par., saat pelaksanaan event MotoGP di Sirkuit Mandalika dengan menyajikan Mandalika Dance atau Tarian Mandalika.

‘’Tarian ini  menggambarkan keindahan, keunikan sejuk, asri dan alaminya Kawasan Mandalika sebagai Destinasi wisata Super Prioritas tempat lahir, besar, tumbuhnya legenda Putri Mandalika yang sudah terkenal dan termashur sampai ke penjuru dunia,’’ ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Suara NTB, Selasa, 17 Oktober 2023.

Menurutnya, Tarian Mandalika memiliki makna betapa serasinya kehidupan alam dan karya maha  pencipta dan disempurnakan oleh kehidupan manusia, tumbuh-tumbuhan, makhluk hidup di kawasan Mandalika  yang memberikan kehidupan dan masa depan bagi generasi sekarang dan yang akan datang dari seluruh potensi kehidupan di kawasan Mandalika.

Selain itu, tambahnya, tarian ini mengangkat cerita keindahan, keagungan dan keunikan Kawasan Mandalika terintegrasi legenda Putri Mandalika yang memikat hati para pesohor, pelancong, pengunjung, wisatawan untuk hadir di Kawasan Putri Mandalika. ‘’ Tarian Mandalika  juga menggambarkan indahnya pacar sinar matahari dari timur ke barat, yang disambut oleh  suara merdu burung, para gembala kerbau dan sapi, eksotiknya  Pantai Kuta Mandalika  dan indah dan uniknya bukit Seger dan bahagianya wisatawan berada dan bermain di pantai,’’ tambahnya.

Tidak hanya itu, terangnya, tarian ini memberikan gambaran betapa indahnya keterpaduan kehidupan Kawasan Mandalika dengan keberadaan Sirkuit Motogp, legenda Putri Mandalika, kehidupan wisatawan dan tumbuh berkembangnya ekonomi Kawasan Mandalika dan semakin meningkat citra dan kesejahteraan di Kawasan Mandalika  Kabupaten Lombok Tengah.

‘’Yang jelas, Mandalika Dance memberikan semangat untuk terus berkarya dengan memanfaatkan Kawasan Mandalika sebagai pusat ide dan gagasan dalam mewujudkan Mandalika International Festival  demi Membanggakan Indonesia, NTB, Lombok dan Budaya Sasak di tingkat dunia,’’ terangnya. (ham)