Serapan APBD Kota Bima Masih Rendah, Pj Walikota Minta OPD Tingkatkan Kinerja

0

Kota Bima (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum MT, meminta OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima agar meningkatkan kinerja. Pasalnya realisasi penyerapan APBD Kota Bima masih rendah.

Permintaan itu disampaikan Mohammad Rum saat memimpin apel gabungan yang dihadiri seluruh ASN dari beberapa OPD lingkup Pemkot Bima, di halaman kantor Walikota Bima lama, pada Rabu 11 oktober 2023.

“Saya melihat tingkat serapan anggaran Kota Bima tahun 2023, masih sangat minim,” katanya.

Untuk itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB ini, kembali menekankan pentingnya peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan Pemerintahan, dengan tujuan meningkatkan serapan anggaran.

“Mendorong percepatan pelaksanaan program kegiatan di setiap OPD sehingga realisasinya bisa segera meningkat,” ujarnya.

Menurut dia, hal tersebut menjadi sangat penting untuk ditindaklanjuti. Sebab akan menjadi salahsatu indikator atau tolak ukur pengalokasian anggaran Pemerintah Daerah dari Pemerintah pusat.

“Jangan heran, kalau alokasi APBD kita kurang besar dibandingkan daerah lain, karena faktanya kinerja serapan anggaran Kota Bima juga sangat rendah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mohammad Rum juga mengingatkan seluruh ASN Kota Bima untuk menjaga kebersihan, tidak hanya di lingkungan Kantor Pemerintah tetapi juga di lingkungan pribadi masing-masing.

“Kebersihan harus tetap dijaga, karena merupakan pondasi utama dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga mendorong seluruh ASN Kota Bima untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan dengan menjadi pionir dalam upaya memakmurkan masjid dengan melaksanakan sholat berjamaah di masjid.

“Hal ini tidak hanya mempererat hubungan antar-ASN, tetapi juga memperkuat nilai-nilai keagamaan di lingkungan kerja,” ujarnya.

Mohamad Rum berharap setiap ASN Kota Bima dapat menjadi teladan yang baik bagi seluruh warga Kota Bima, dengan menyebarkan nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat.

“Dengan semangat ini, diharapkan Kota Bima terus berkembang dan menjadi tempat yang lebih baik untuk semua warganya,” pungkasnya. (uki)