Pj Gubernur Terima Panitia Upacara Sad Kertih dari PHDI NTB

0

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi., M.Si menerima audiensi panitia pelaksana upacara Sad Kertih dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTB, Rabu, 4 Oktober 2023. Upacara Sad Kertih (mulang pakelem) akan dilaksanakan di Danau Segara Anak, Gunung Rinjani pada tanggal 24-29 Oktober 2023. Pertemuan tersebut membahas berbagai persiapan dan koordinasi terkait perayaan Sad Kertih, salah satu upacara keagamaan Hindu yang penting.

Dalam audiensi yang berlangsung di Ruang Kerja PJ Gubernur pada Rabu kemarin, Pj Gubernur NTB menyambut hangat perwakilan dari PHDI NTB. Dalam sambutannya, beliau menyatakan pentingnya harmonisasi di daerah NTB, di mana berbagai agama dan kepercayaan memiliki peran penting dalam membangun kerukunan dan toleransi.

“Pentingnya harmonisasi di NTB, di mana berbagai agama dan kepercayaan memiliki peran penting dalam membangun kerukunan dan toleransi untuk wujudkan wilayah kita yang baldatun toyyibatun” ujar Miq Gita sapaan akrab Pj Gubernur NTB.

Miq Gita menekankan komitmen pemerintah provinsi dalam mendukung perayaan Sad Kertih, disertakan dengan statment Miq Gita yang akan hadir di acara pembukaan acara tersebut. Miq Gita berharap selama pelaksanaan acara tersebut diberikan kelancaran dan saling menjaga satu sama lain. Upacara ini menjadi salah satu wujud keanekaragaman budaya dan agama yang ada di NTB, dan pemerintah berusaha untuk menjadikannya sebagai ajang perayaan yang berkesan dan aman.

Perwakilan dari PHDI NTB menyampaikan terima kasih atas dukungan dari pemerintah provinsi dan berkomitmen untuk menjalankan upacara Sad Kertih. Mereka juga menyampaikan harapan agar upacara ini dapat menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antarumat beragama di NTB

“Terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari Pak Pj Gubernur, semoga ini menjadi ajang untuk saling mempererat tali persaudaraan antar umat beragama di NTB” ujar Mangku Made selaku Ketua Panitia Pelaksana Upacara Sad Kertih tahun 2023.

Dalam semangat kerja sama dan toleransi antaragama, Pj Gubernur NTB dan perwakilan dari PHDI NTB sepakat untuk terus berkoordinasi dalam mempersiapkan dan melaksanakan Upacara Sad Kertih dengan sukses dan damai. (r)