Kodim Loteng Rayakan HUT TNI dengan Tanam Mangrove

Praya (Suara NTB) – Kodim 1620/Lombok Tengah (Loteng) menggelar aksi tanam mangrove di kawasan pesisir Dusun Lauk Desa Kuta, Pujut, Rabu, 27 September 2023. Aksi tanam mangrove ini sebagai rangkaian perayaan HUT TNI yang puncaknya pada 5 Oktober mendatang. Sebanyak sekitar seribu pohon mangrove ditanam secara serentak di area seluas sekitar 1 hektar dekat kawasan The Mandalika tersebut.

Berbagai elemen terlibat dalam aksi tanam mangrove kali ini. Mulai jajaran TNI, personel Komcad, kelompok masyarakat serta elemen masyarakat sekitarnya. “Selain untuk merayaan HUT TNI, aksi ini juga bentuk komitmen kami untuk berperan aktif dalam menjaga keberlangsungan alam sekitar.  Khususnya di wilayah pesisir kawasan The Mandalika, Kuta,”  terang Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara.

Penanaman mangrove tersebut memiliki peran penting dalam usaha tetap menjaga ekosistem pesisir. Tanaman mangrove juga berfungsi sebagai benteng alam dalam menjaga naiknya air laut ke daerah pesisir, sehingga potensi abrasi bisa dicegah.

Sementara keterlibatan berbagai pihak dalam kegiatan tersebut merupakan wujud sinergi semua pihak dalam upaya pelestarian alam, khususnya kawasan pesisir pantai. Terlebih, Loteng sendiri memiliki pesisir pantai yang cukup panjang, sehingga penting untuk terus dijaga kelestariannya.

“Proses penanaman mangrove sendiri dilakukan dengan seksama. Itu dilakukan untuk memastikan keberhasilan pertumbuhan mangrove di masa mendatang,”imbuhnya.

Tidak kalah penting, aksi tanam mangrove tersebut juga menjadi sarana mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat setempat. Dengan begitu kolaborasi dan sinergi antara semua elemen di daerah ini bisa terus berlanjut  untuk bisa mendukung program-program pembangunan. Termasuk upaya-upaya pelestarian lingkungan di masa mendatang.

“Penanaman mangrove ini kedepan akan memberi dampak positif bagi ekosistem pantai dan kesejahteraan masyarakat. Dan, semoga aksi ini dapat menginspirasi pihak-pihak lain untuk turut berperan aktif dalam melestarikan alam. Demi generasi yang akan datang,” pungkas Andi. (kir)







Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Relawan Ganjar Sigap Bantu Korban Banjir di Lombok Barat

0
Giri Menang (Suara NTB) – Bencana banjir, di Dusun Pengantap, Desa Pengantap, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Minggu, 3 Desember telah mengakibatkan rumah-rumah di...

Latest Posts

Relawan Ganjar Sigap Bantu Korban Banjir di Lombok Barat

Giri Menang (Suara NTB) – Bencana banjir, di Dusun...

Jembatan Penghubung Desa Waduruka-Pusu Kabupaten Bima Putus, 1.000 KK Terisolasi

Bima (Suara NTB) - Jembatan penghubung antar desa yang...

Masuk Tiga Besar Nasional, Pemprov NTB Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data BPS RI

Jakarta (Suara NTB) - Pemprov NTB meraih penghargaan Anindhita...

Januari hingga November 2023, 105 Kejadian Bencana Alam di NTB, Banjir Paling Banyak

Mataram (Suara NTB) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)...