Berkesan, ’’Opening Ceremony’’ Alunan Budaya Desa Pringgasela

0
Salah satu event yang ditampilkan di Aluna Budaya Desa ke 7 Pringgasela. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Opening Ceremony Alunan Budaya Desa (ALBD) di Angka 7 yang digelar di Desa Pringgasela, Lombok Timur,  Minggu ,25 September 2023 sore, memikat Pemkab Lombok Timur (Lotim) dan Pemprov NTB. Acara ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni dan budaya lokal, serta peragaan busana karya desainer muda Pringgasela, sukses membuat para pejabat terkesan.

Hadir pada acara ini, Bupati Lotim periode 2018-2023 H. M. Sukiman Azmy, Kepala Dinas Perindustrian (Disperin) NTB H. Nuryanti. Bupati Lotim periode 2018-2023 H. M. Sukiman Azmy mengakui, jika kegiatan tersebut cukup berkesan, karena menjadi kado terindah dan termanis di masa akhir jabatannya.

Menurutnya,  kado terindah dan termanis di hari terakhir dirinya memimpin Lotim adalah Pringgasela. ‘’Pemuda dengan ide segar dan dinamis ada di Pringgasela. Terima kasih Pringgasela. Insya Allah event ini bisa masuk kalender event nasional,” ujarnya.

Sementara Kepala Disperin  NTB, Hj. Nuryanti, mengungkapkan kekagumannya terhadap Pringgasela. “Pringgasela menjadi kiblat fesyen. Kami akan support brand Pringgasela sebagai brand lokal. Setuju kita menggunakan brand Pringgasela,” kata Nuryanti.

Ketua Acara Alunan Budaya Desa di Angka 7, Iman Taqwa, mengatakan pihaknya menargetkan Alunan Budaya Desa di Angka 7 menjadi event nasional pada tahun depan.

“Kami mengawal event ini menjadi event nasional (Karisma Event Nusantara (KEN) -red). Moga Tahun depan ALBD masuk event KEN,” kata Iman Taqwa.

Anggota Tim Monitor dan Akselerasi KEK Pariwisata Kemenparekraf RI, Taufan Rahmadi meminta semua element baik di kabupaten dan provinsi melengkapi segala persyaratan untuk dipresentasikan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

“Saya sudah mengobrol dengan Kadispar Lombok Timur, segera lengkapi persyaratan untuk KEN. Setelah lengkap kita gedor sama-sama ke pak menteri,” ujarnya.

Taufan Rahmadi mengungkapkan kekagumannya dengan event Alunan Budaya Pringgasela Raya. “Saya baru masuk (di acara ALBD) its amazing”, ungkapnya.

Panitia Acara Alunan Budaya Desa resmi mengumumkan acara Alunan Budaya Desa (ALBD) Tujuh digelar secara spektakuler oleh para pemudanya secara mandiri. Acara ini kan berlangsung hingga 10 hari dengan target pengunjung 20.000 orang yang menyajikan ragam acara yang berbeda per harinya. (r)