Sekda Loteng Pimpin Ekspedisi Pendakian Gunung Rinjani

0
Peserta ekspedisi jalur pendakian Gunung Rinjani jalur Aik Berik menjalani pemeriksaan kesehatan, Selasa kemarin.(Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Serangkaian perayaan Hari Jadi ke 78 Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun 2023, Pemkab Loteng bakal menggelar ekspedisi pendakian Gunung Rinjani jalur Aik Berik. Kegiatan yang direncanakan digelar pada Kamis, 28 September 2023 besok tersebut, bakal diikuti ratusan peserta yang dipimpin langsung Sekda Loteng, H. Lalu Firman Wijaya.

Sebagai persiapan awal, seluruh peserta ekspedisi, Selasa, 26 September 2023, menjalani pemeriksaan kesehatan sekaligus mendapat penjelasan terkait rencana teknis ekspedisi di ball room kantor Bupati Loteng. “Total ada seratusan lebih peserta yang akan ikut dalam pendakian kali ini,” terangk Kabid. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Loteng, Lalu Ardi Ardhyka.

Ekspedisi pendakian gurung Rinjani melalui jalur Aik Berik tersebut untuk mempertegas eksistensi jalur pendakian jalur Aik Berik, sebagai salah satu jalur pendakian resmi yang ada. Selain jalur pendakian melalui Sembalun, Lombok Timur (Lotim) serta Senaru Kabupaten Lombok Utara (KLU).

“Misi pendakian kali ini juga untuk memetakan jalur pendakian yang ada serta menginventarisir kebutuhan di jalur pendakian tersebut. Sebagai bahan intervensi oleh pemerintah daerah kedepannya,” terang Ardhi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dibandingkan dengan jalur pendakian lainnya, jalur pendakian Aik Berik menawarkan beberapa kelebihan. Di mana jalur pendakian masih sangat alami. Karena separuh dari jalur pendakian masih berupa hutan lebat.

Jika beruntung, para pendaki akan bisa menemukan berbagai spesies langkah dan unik khas pulau Lombok. Tidak kalah penting, di sepanjang jalur pendakian banyak sumber mata air yang tersedia. Sehingga akan lebih memudahkan para pendaki untuk memperoleh air minum selama perjalanan.

“Selepas keluar dari hutan, para pendaki bisa menikmati hamparan savana serta bunga edelwis ratusan hektar di sepanjang jalur pendakian,” jelasnya. Bukan hanya itu, para pendaki juga bisa menikmati pemandang diatas awan dengan landscape Kota Mataram hingga Gunung Agung Bali.

Di jalur ini, pendaki juga bisa menikmati pemandangan danau Segara Anak dan anak gunung Rinjani secara utuh. Jika mau, pendaki bisa mencoba tantangan untuk mencapai puncak Kondo. Yang merupakan puncak tertinggi kedua Gunung Rinjani. (kir)