Fraksi Amanah Bangsa: Pengajuan KUA PPAS Perubahan APBD Kota Mataram Terlalu Mengulur Waktu

0
Ketua Fraksi Amanah Bangsa DPRD Kota Mataram Ahmad Azhari Gufron saat membacakan pemandangan umum fraksinya dalam forum rapat paripurna DPRD Kota Mataram, Rabu, 27 September 2023.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Lambannya pengajuan KUA PPAS rancangan perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2023 menjadi sorotan Fraksi Amanah Bangsa. Dalam pemandangan umum Fraksi Amanah Bangsa yang dibacakan langsung oleh Ketua Fraksi Amanah Bangsa DPRD Kota Mataram, Ahmad Azhari Gufron, S.Si di hadapan rapat paripurna DPRD Kota Mataram Rabu, 27 September hari ini menilai Pemkot Mataram terlalu bertele-tele dalam pengajuan KUA PPAS rancangan perubahan APBD Kota Mataram. Sehingga berimbas pada singkatnya waktu pembahasan.

” Fraksi Amanah Bangsa meminta penjelasan kepada Pemerintah Kota Mataram terkait penyampaian KUA PPAS Perubahan yang dirasa terlalu mengulur waktu,” kata Gufron. Sehingga terjadi keterlambatan yang tidak sesuai dengan jadwal. Menyebabkan ketidakefisienan dan ketidakefektifan pembahasan bila merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019.
Menurut Gufron, perubahan APBD Kota Mataram mestinya sudah dilakukan pembahasan pada Bulan Agustus lalu

Fraksi Amanah Bangsa berharap, untuk masa mendatang hal ini tidak terjadi lagi. Pantauan Suara NTB, Pemkot Mataram baru mengajukan nota keuangan rancangan perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2023 pada Selasa, 26 September 2023 malam yang didahului dengan penandatangan nota kesepakatan rancangan perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2023 pada Senin, 25 September 2023 malam.

Singkatnya waktu yang tersisa, membuat DPRD Kota Mataram kelabakan. Bahkan dalam sehari DPRD Kota Mataram dua kali menggelar rapat paripurna. Seperti pada Rabu, 27 September 2023 hari ini. DPRD Kota Mataram menggelar rapat paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi dewan terhadap nota keuangan rancangan perubahan APBD Kota Mataram tahun anggaran 2023 pada pagi hari dan dilanjutkan dengan jawaban eksekutif pada malam hari di hari yang sama.

Paripurna yang digelar secara marathon dalam beberapa hari terakhir ini nampaknya membuat anggota DPRD Kota Mataram kelelahan. Dampaknya pemandangan kursi kosong menghiasi ruang sidang DPRD Kota Mataram. Hanya beberapa anggota dewan yang hadir secara fisik. (fit)