Dompu Kini Punya Rumah Produksi Tembakau

0

Dompu (Suara NTB) – Kabupaten Dompu kini miliki rumah produksi tembakau yang akan memproduksi rokok kretek dengan memanfaatkan tembakau lokal. Rumah produksi berlokasi di Desa Woko Kecamatan Pajo.

Kepala bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Abdul Khair, S.Hut kepada Suara NTB, Selasa, 26 September 2023 mengatakan, luas  tanaman tembaku tahun 2022 di Kabupaten Dompu seluas 450 ha. Tanaman tembaku ini banyak ditanam di sekitar Desa Woko, Adu, daerah Manggelewa dan Pekat. Para petani membudidaya tembaku dengan bermitra dengan Sadana. Ada juga yang membudidaya secara mandiri tembakau lokal.

Dikatakan Abdul Khair, ketersediaan bahan baku untuk memenuhi rumah produksi Woko Kretek dipastikan tetap tersedia. Karena di sekitar  rumah produksi dikelilingi oleh kelompok petani tembakau yang setiap saat menyediakan tembakau. “Kehadiran rumah produksi ini justru akan meningkatkan gairah petani membudidaya tembakau,” katanya.

Selama ini, petani tembakau banyak yang enggan menanam tembakau karena terkait pasarnya. Saat ini pemerintah telah memfasilitasi hadirnya rumah produksi tembakau yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dompu. Keberadaan rumah produksi ini juga dalam pengawasan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementrian Keuangan RI. (ula)