29 Cabor di NTB Lolos Pra-PON 2024

0

Mataram (Suara NTB) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi NTB telah meloloskan sebanyak 29 cabang olahraga (Cabor) dengan jumlah atlet 161 orang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ketua KONI NTB H. Mori Hanafi mengatakan, 29 Cabor itu sudah dipastikan lolos PON Aceh-Sumatera Utara 2024. Sementara ada empat Cabor yang turun di Pra-PON atau babak kualifikasi dinyatakan belum lolos tahap kualifikasi.

“Empat Cabor itu Golf, Squash, Aerosport, dan Drumband,” kata Mori Hanafi pada saat memberikan keterangan pers Senin, , 25 September 2023.

Mori mengatakan, peluang menambah Cabor ke PON 2024 masih terbuka. Karena ada 16 cabor belum menjalani  kualifikasi PON.

Misalnya Panjat Tebing, Tarung Derajat, Taekwondo, Panahan, Senam, Basket, Voli Pantai, Sepakbola dan Futsal, Biliar, Gulat, Kabaddi, Sambo, Kickboxing, Sepak Takraw, Wushu, dan Arung Jeram.

Termasuk cabor yang sudah meloloskan atletnya masih berpeluang untuk bertambah, karena masih menyisakan event Pra-PON seperti Atletik, Tinju, Akuatik, dan Menembak.

“Perkiraan kami antara 35-37 Cabor akan lolos. Salah satu yang diperkirakan bakal lolos itu termasuk Cabor Panjat Tebing, Tarung Derajat, Voli Pantai. Itu sudah langganan lolos,” ujarnya.

Pada penyelenggaraan PON Aceh-Sumatera 2024 nantinya, NTB menargetkan 20 medali emas. Dalam hal ini, Mori mengaku optimis, melihat jumlah Cabor yang sudah dinyatakan lolos kian bertambah.

“Memastikan itu kami akan melakukan pembinaan secara optimal terhadap para atlet, agar mendapatkan hasil yang baik,” imbuh mantan pimpinan DPRD NTB ini.

Untuk diketahui, rangkaian Pra-PON atau babak kualifikasi PON Aceh-Sumatera Utara 2024 sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu dan masih akan berlangsung hingga bulan Oktober 2023.

Sejumlah Pengprov Cabor NTB menurunkan atletnya untuk merebut tiket multievent olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia tersebut.

Berikut jumlah Cabor yang dinyatakan lolos, tidak lolos, dan belum turun pada sesi kualifikasi Pra-PON Aceh-Sumatera 2024:

Cabor yang lolos PON 2024 yaitu Atletik (11 Atlet), Menembak (12 Atlet), Gateball (2 Atlet), Petanque (9 Atlet), Bermotor (7 Atlet), Hapkido (2 Atlet), Hoki Indoor (12 Atlet), Tinju (2 Atlet), Qurash (1 Atlet), Bridge (2 Atlet), Catur (6 Atlet), Selam (1 Atlet), Tenis Meja (4 Atlet), Bulutangkis (14 Atlet), Kempo (12 Atlet), Sepatu Roda (6 Atlet), Muaythai (8 Atlet), Karate (4 Atlet)

Kemudian Soft Tenis (4 Atlet), Balap Sepeda (5 Atlet), Tenis Lapangan (4 Atlet), Triathlon (3 Atlet), Dance Sport (12 Atlet), Pencak Silat (5 Atlet), Esport (6 Atlet), Berkuda Equistrian (2 Atlet), Selancar Ombak (3 Atlet), Anggar (1 Atlet), Akuatik (2 Atlet)

Cabor yang belum turun pada Pra-PON yaitu Panjat Tebing, Tarung Derajat, Taekwondo, Panahan, Senam, Basket, Voli Pantai, Sepakbola & Futsal, Biliar, Gulat, Kabaddi, Sambo, Kickboxing, Sepak Takraw, Wushu  dan Arung Jeram.

Kemudian cabor yang tak lolos ke PON 2024 yaitu Squash, Drumband, Aerosport dan Golf.

Jumlah cabor yang lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara 2024 hingga saat ini sudah melampaui jumlah cabor yang diturunkan pada PON Papua. Saat itu, NTB meloloskan dan mengikuti 19 cabor. Total Atlet yang sudah lolos ke PON Aceh-Sumatera Utara 2024 dari 29 cabor sebanyak 161 atlet putra dan putri.(ris)