Usai Dilantik, Tugas Pertama Pj Walikota Sinyalkan Rombak Pejabat Pemkot Bima

0

Kota Bima (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Walikota Bima terpilih, Ir. H. Mohammad Rum MT, memberikan sinyal akan merombak pejabat ruang lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, setelah dilantik pada 26 September 2023 mendatang.

“Tugas pertama setelah dilantik, penataan hingga reformasi struktur birokrasi Pemerintahan,” ujarnya kepada Suara NTB, akhir pekan kemarin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB ini, menegaskan para pejabat yang akan membantunya selama menjadi Pj Walikota Bima, harus berdasarkan dengan latar belakang keilmuan dan keahlian.

“Kita dorong penempatan para pejabat nanti sesuai keahlian dan latar belakang keilmuan,” katanya.

Menurut dia, penempatan para pejabat yang disesuaikan dengan latar belakang keilmuan dan keahlian, merupakan salahsatu syarat terpenting dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik. Selain itu, pelayanan kepada masyarakat juga tetap prima dan maksimal.

“Kita pasti pelayanan kepada masyarakat tetap prima, maksimal dan optimal,” ujarnya.

Terkait dengan program kerja selama menjadi Penjabat, Mohammad Rum mengaku belum terpikirkan. Hanya saja, Ia memastikan program kerja kepala daerah sebelumnya akan diteruskan, sepanjang baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bima.

“Prinsipnya, hal-hal atau apa-apa yang baik sebelumnya akan diteruskan, sepanjang memberi manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum MT, resmi ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Walikota Bima.

Penunjukkan Mohammad Rum sebagai orang nomor satu Pemerintahan Kota (Pemkot) Bima itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri nomor 100.2.1.3.-3949 tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Walikota Bima.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Provinsi NTB, Lalu Hamdi dikonfirmasi Suara NTB, membenarkannya. Kata dia, Penjabat di Kota Bima, Yakni Mohammad Rum. Sementara Penjabat Bupati Lombok Timur Moh Juaini Taufiq.

“Iya benar. Muh. Rum penjabat Kota Bima dan Moh Juaini Taofiq, Penjabat Bupati Lombok Timur,” katanya membenarkan, Sabtu, 23 September 2023.

Sesuai rencana, pelantikan Penjabat yang akan menggantikan Walikota H. Muhammad Lutfi SE dan Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan SH itu digelar di Kota Mataram pada 26 September 2023 mendatang.

Sementara rencana serah terima memori jabatan dari Walikota lama ke Penjabat akan dilaksanakan di Kota Bima pada 29 September mendatang.

Sebelumnya, Mohamad Rum bersama Pejabat Kemendagri, Edy Suharmanto M. Si, dan Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa MH diusulkan oleh lima fraksi yang ada di DPRD Kota Bima.

Nama Edy dan Rum didukung mayoritas oleh 5 Fraksi yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan PBB. Sementara Muhktar Landa didukung 3 Fraksi antara lain Gerindra, Golkar dan PAN.

Selain diusulkan oleh DPRD Kota Bima, nama Rum juga diusulkan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE, bersama dengan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ir. Muslim, dan Kepala Perindustrian NTB, Nuryanti sebagai calon Pj Walikota Bima. (uki)