Pendaftaran Dibuka, PPPK 2023 Siapkan Kuota Umum dan Disabilitas

0

Taliwang (Suara NTB) – Para pelamar umum dan penyandang disabilitas punya kesempatan untuk mengadu nasib pada seleksi pengadaan Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) tahun 2023 ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumbawa Barat, H. Abdul Malik Nurdin menjelaskan, sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), kuota yang disediakan untuk pelamar umum dan disabilitas itu sebanyak 2 persen dari total formasi yang dibuka. “Jadi tetap ada untuk umum dan (penyandang) disabilitas ya kami buka,” katanya, Minggu, 24 September 2023.

Pelamar umum dan disabilitas dibuka untuk formasi tenaga fungsional guru dan tenaga fungsional teknis. Menurut H. Malik ada sejumlah syarat yang ditetapkan bagi pelamar umum dan penyandang disabilitas untuk masing-masing formasi tersebut.

Seperti pada formasi umum untuk tenaga PPPK guru. Mereka harus merupakan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) dan terdaftar dalam basis data Kemendikbud Ristek, terdaftar pada Dapodik, memiliki kualifikasi pendidikan dan jejang paling rendah sarjana atau Diploma Empat.

Sedangkan bagi penyandang disabilitas, ketentuan untuk mendaftar pada formasi guru. Mereka yang menyandang tuna rungu tidak dapat melamar untuk formasi guru bahasa Indonesia atau Inggris. Bagi tuna daksa tidak dapat melamar untuk formasi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Sementara bagi pelamar tuna netra tidak dapat melamar formasi guru seni budaya dan keterampilan.

Pada syarat administrasi sendiri, di formasi tenaga teknis. Penyandang disabilitas selain diwajibkan memiliki ijasah sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Mereka juga diwajibkan melampirkan ketengan medis mengenai kondisinya, menyampaikan video singkat diri dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Dan terakhir wajib hadir memenuhi undangan tim verifikasi untuk memastikan kesesuaian formasi dan derajat kedisabilitasannya.

Menurut H. Malik, sesempatan seleksi PPPK tahun ini diharapkan pemerintah KSB dapat terisi seluruhnya. Mengingat sebelumnya di tahun 2022 terdapat formasi yang akhirnya lowong karena peserta tidak menuhi ketentuan seleksi. “Sekarang kan seribu lebih kuota kita dapatkan. Kalau semua terisi kan itu bisa menutupi kekurangan pegawai kita,” cetusnya.

Sebagai informasi ada 1.159 formasi yang diberikan pusat kepada KSB untuk pengangkatan PPPK tahun 2023 ini. Rinciannya terdiri dari 242 formasi tenaga guru, 730 tenaga kesehatan dan 187 formasi tenaga teknis.

Jumlah Formasi

Sebelumnya, Kemendagri telah resmi mengumumkan jumlah formasi yang dibuka untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Jabatan itu terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dikutip dari laman kemendagri.go.id, kementerian tersebut membuka 20 formasi untuk CPNS. Sebanyak 20 formasi itu merupakan Asisten Ahli Dosen yang akan ditempatkan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kemendagri juga membuka lowongan 85 formasi untuk PPPK Tenaga Teknis. Jabatan yang dibuka untuk PPPK Tenaga Teknis di antaranya untuk ahli statistika, analis hukum hingga penerjemah Bahasa Inggris.

Selain itu, Kemendagri juga membuka lowongan untuk PPPK Tenaga Kesehatan. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak 48 formasi. Bidang yang dibuka terdiri dari profesi dokter, dokter gigi, keperawatan, farmasi dan apoteker.

Meski sempat diundur, satu persatu instansi pemerintah pusat mulai mengumumkan secara resmi jumlah formasi yang dibuka dalam seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023.

Pemerintah sebelumnya telah menjadwalkan proses seleksi CASN untuk posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dilakukan mulai 17 September 2023. Namun, proses itu diundur menjadi 20 September 2023.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan bahwa perubahan jadwal ini dilakukan karena proses optimalisasi PPPK Teknis TA 2022 di sejumlah instansi sesuai Keputusan Menteri PANRB 571/2023 masih berlangsung.

Selain itu proses verifikasi dan validasi kebutuhan formasi CASN 2023 di masing-masing instansi juga masih dilakukan. Berikut ini merupakan daftar 8 instansi di pemerintah pusat yang telah mengumumkan formasi yang mereka buka untuk seleksi CASN 2023. (bug/r)