Gubernur Lemhannas RI dan Direktur Kebijakan SDM KSS BSSN RI Beri Kuliah Umum di Unram

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Mataram (Unram) menggelar Kuliah Umum terkait Ketahanan Nasional dan Ketahanan Siber Indonesia: Menuju Indonesia Emas 2045, diisi langsung oleh Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dan Direktur Kebijakan Sumber Daya Manusia Keamanan Siber dan Sandi Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (SDM KSS BSSN RI) di Gedung Dome Unram pada Jumat, 22 September 2023.

Mewakili Rektor Unram, Prof. Sitti Hilyana, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan bahwa magnet Unram sangat besar selama dua tahun terakhir ini.“Banyak tamu yang ingin masuk Universitas Mataram dan ini merupakan rezeki yang luar biasa untuk Universitas Mataram dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Sitti Hilyana menjelaskan, ruang lingkup Pertahanan Nasional itu mencetak pemimpin-pemimpin nasional dari seluruh pelosok. Semua bisa bermimpi menjadi presiden, menjadi menteri. “Kami sadar bahwa narasumber ini luar biasa hebat. Persiapkan diri untuk masuk Indonesia Emas 2045. Sebab kemajuan Pendidikan Tinggi sangat dipengaruhi juga oleh inovasi-inovasi baru, karena di perguruan tinggi lahir inovasi-inovasi termodern,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc., Ph.D., memaparkan terkait dinamika geopolitik, ketahanan nasional di tengah ketidakpastian global, hingga lompatan strategis menjadi negara Demokrasi matang.

Sementara itu, Direktur Kebijakan SDM KSS BSSN RI, Mohamad Ikro, S.Si., M.Si., menjelaskan terkait keamanan siber dalam mewujudkan ketahanan nasional dan ketahanan siber menuju Indonesia Emas 2045. Termasuk serangan siber terhadap lapisan fisik, bersifat teknis, bersifat sosial, hingga malware yang masih mendominasi di tahun 2023. (ron)